Implementasi lesson study pada metode numbered heads together dipadu dengan team games tournament untuk pengembangan karakter, peningkatan aktivitas, motivasi, dan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 1 Kepanjen / Agil Lepiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi lesson study pada metode numbered heads together dipadu dengan team games tournament untuk pengembangan karakter, peningkatan aktivitas, motivasi, dan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 1 Kepanjen / Agil Lepiyanto

Lepiyanto, Agil (2012) Implementasi lesson study pada metode numbered heads together dipadu dengan team games tournament untuk pengembangan karakter, peningkatan aktivitas, motivasi, dan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 1 Kepanjen / Agil Lepiyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci karakter aktivitas motivasi belajar hasil belajar pembelajaran kooperatif numbered heads together dipadu teams games tournament lesson study Berdasarkan observasi dan hasil wawancara didapatkan data bahwa nilai karakter siswa selama ini belum dimasukkan oleh guru dalam pembelajaran Biologi. Terdapat permasalahan yang terjadi di SMAN 1 Kepanjen yaitu aktivitas belajar motivasi belajar dan hasil belajar biologi siswa masih kurang. Siswa masih memiliki potensi untuk ditingkatkan kembali maka perlu adanya terobosan baru dalam proses pembelajaran biologi di sekolah yaitu dengan mengimplementasikan kegiatan Lesson study pada pembelajaran NHT dipadu dengan TGT. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus pembelajaran siklus I terdiri dari 4 pertemuan siklus II terdiri dari 4 pertemuan dan siklus III terdiri dari 4 pertemuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan karakter siswa peningkatan aktivitas motivasi dan hasil belajar biologi serta respon siswa terhadap pembelajaran melalui metode belajar NHT dipadu dengan TGT. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas X.8 SMA Negeri 1 Kepanjen Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012.Waktu penelitian mulai Bulan Oktober sampai dengan Bulan Desember 2011. Hasil penelitian menunjukkan implementasi Lesson Study guru Biologi pada metode Numbered Heads Together dipadu dengan Team Games Tournament dapat mengembangkan karakter siswa. Pada indikator bersahabat dari siklus I ke II terjadi peningkatan sebesar 5.07% dan kembali meningkat pada siklus III sebesar 17 51% indikator disiplin dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 4.03% dan kembali meningkat pada siklus III sebesar 13.13% indikator kerja keras mengalami peningkatan sebesar 8.69% pada siklus II dan 10.48% pada siklus III indikator mandiri mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 9.69% dan meningkat kembali pada siklus III sebesar 9.79%. Hasil analisis lembar angket motivasi didapatkan terjadinya peningkatan motivasi siswa. Pada indikator Attention dari siklus I ke II terjadi peningkatan sebesar 5.40% dan meningkat pada siklus III sebesar 9.70% indikator Relevance dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 6.30% dan kembali meningkat pada siklus III sebesar 10.40% indikator Confidence mengalami peningkatan sebesar 7% pada siklus II dan 11% pada siklus III indikator Satisfaction mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 4.10% dan meningkat kembali pada siklus III sebesar 11%. Penelitian juga dapat meningkatkan aktivitas siswa. Keberhasilan peningkatan aktivitas kelas tampak pada siklus I sebesar 48 54% meningkat menjadi 60 52% pada siklus II kemudian meningkat menjadi 69 82% pada siklus III. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III hal ini tampak pada peningkatan daya serap klasikal pada siklus I sebesar 61.29% meningkat menjadi 70.96% pada siklus III dan meningkat kembali pada siklus III menjadi 83.87%. Dari angket respon siswa didapatkan menunjukkan respon positif terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian diajukan saran sebagai berikut 1) Guru mata pelajaran biologi disarankan agar dalam proses pembelajaran dapat menerapkan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar yang salah satunya adalah metode Numbered Heads Together dipadu dengan Team Games Tournament karena dapat mengembangkan karakter meningkatkan aktivitas motivasi dan hasil belajar siswa maka disarankan kepada guru bidang studi biologi untuk menerapkan pendekatan pembelajaran ini pada kompetensi dasar yang lain. 2) Dalam menerapkan metode Numbered Heads Together dipadu dengan Team Games Tournament diperlukan kreativitas guru yang tinggi terutama dalam menyajikan permainan. Guru harus memilih permainan yang tidak menciptakan siswa untuk ribut yang bisa mengganggu jalannya pembelajaran. 3) Guru hendaknya senantiasa melakukan kegiatan Lesson study untuk mengoptimalkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran biologi karena dapat meningkatkan kualitas penyusunan RPP LKS media belajar serta kualitas pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60352

Actions (login required)

View Item View Item