Pengaruh metode STAD dan inkuiri terbimbing terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Siti Nurhidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode STAD dan inkuiri terbimbing terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Siti Nurhidayati

Nurhidayati, Siti (2012) Pengaruh metode STAD dan inkuiri terbimbing terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Siti Nurhidayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci STAD inkuiri terbimbing aktivitas belajar hasil belajar Pembelajaran biologi saat ini masih cenderung menekankan kegiatan pengajaran (teaching) dibandingkan pembelajaran (learning). Pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered). Kenyataan di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang yakni berkaitan dengan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa yang relatif rendah dan guru sering mengalami kendala dalam merangsang siswa agar berani dalam mengemukakan pendapatnya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji 1) pengaruh metode STAD dan inkuiri terbimbing terhadap aktivitas belajar biologi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang 2) pengaruh metode STAD dan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Variabel bebasnya adalah metode pembelajaran. Variabel terikatnya adalah aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif. Subyek penelitian semua siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012. Penarikan sampel dengan cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik observasi dan tes untuk memperoleh data aktivitas belajar dan data nilai hasil belajar kognitif siswa. Uji hipotesis digunakan teknik analisis kovarian (anacova) pada taraf signifikasi 0 05. Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap aktivitas belajar siswa. Kelompok yang dibelajarkan dengan metode integrasi STAD-inkuiri terbimbing memiliki aktivitas belajar lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang dibelajarkan dengan metode STAD inkuiri terbimbing dan konvensional. Terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif siswa. Kelompok yang dibelajarkan dengan metode integrasi STAD-inkuiri terbimbing memiliki hasil belajar kognitif lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang dibelajarkan dengan metode STAD inkuiri terbimbing dan konvensional tetapi metode STAD dan metode inkuiri terbimbing berada pada posisi yang setara dalam meningkatkan hasil belajar kognitif. Berdasarkan temuan tersebut maka secara umum dapat ditarik kesimpulan berikut ini. 1) Terdapat pengaruh metode STAD dan inkuiri terbimbing terhadap aktivitas belajar biologi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. 2) Terdapat pengaruh metode STAD dan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60351

Actions (login required)

View Item View Item