Pengaruh strategi pembelajaran berbasis proyek berbantuan media DVD 6M terhadap kemampuan berpikir kritis, pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa dalam pengelolaan lingkungan pada mata pelajaran biologi SMAN Kota Sumbawa Besar / Supratman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran berbasis proyek berbantuan media DVD 6M terhadap kemampuan berpikir kritis, pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa dalam pengelolaan lingkungan pada mata pelajaran biologi SMAN Kota Sumbawa Besar / Supratman

Supratman (2012) Pengaruh strategi pembelajaran berbasis proyek berbantuan media DVD 6M terhadap kemampuan berpikir kritis, pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa dalam pengelolaan lingkungan pada mata pelajaran biologi SMAN Kota Sumbawa Besar / Supratman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S dan (II) Dr. Ibrohim M.Si Kata Kunci Pembelajaran berbasis proyek berbantuan media DVD 6M kemampuan berpikir kritis pengetahuan sikap dan keterampilan pengelolaan lingkungan Permasalahan lingkungan merupakan persoalan yang sangat vital dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu penyebab utama munculnya permasalahan lingkungan yaitu permasalahan sampah. Sampah dikenal sebagai masalah yang sulit dipecahkan terutama di kota-kota besar sehingga akan menjadi persoalan lingkungan jika tidak segera ditangani. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu melalui pembudayaan konsep 6M. Media DVD 6M berisikan tentang konsep 6M merupakan suatu upaya pengelolaan sampah rumah tangga yang terdiri atas beberapa langkah yaitu Mengurangi Menggunakan kembali Mengganti Memisahkan Mendaur ulang dan Mengomposkan. Pembelajaran berbasis proyek memiliki peranan penting dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada uji skala kecil yaitu sektor formal di SMAN kota Sumbawa Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis proyek berbantuan media DVD 6M terhadap kemampuan berpikir kritis Pengetahuan Sikap dan keterampilan siswa dalam pengelolaan lingkungan di SMAN Kota Sumbawa Besar. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis pengetahuan sikap dan keterampilan siswa SMAN Kota Sumbawa Besar dalam pengelolaan lingkungan (2) Menguji pengaruh strategi pembelajaran berbasis proyek berbantuan media DVD 6M terhadap kemampuan berpikir kritis pengetahuan dan sikap siswa di SMAN Kota Sumbawa Besar. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 184 orang siswa terdiri dari laki-laki sebanyak 90 orang dan perempuan sebanyak 94 orang. Rancangan penelitian ini adalah kuasi eksperimen dilakukan untuk memperoleh gambaran nyata mengenai pengaruh kemampuan berpikir kritis pengetahuan dan sikap siswa serta memperoleh diskripsi nyata dari hasil keterampilan siswa dalam pengelolaan lingkungan di SMAN Kota Sumbawa Besar. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Postest Control Grup Desings. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa SMAN Kota Sumbawa Besar dalam pengelolaan lingkungan pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas konvensional (2) rata-rata nilai pengetahuan siswa SMAN Kota Sumbawa Besar dalam pengelolaan lingkungan pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas konvensional (3) rata-rata nilai sikap siswa SMAN Kota Sumbawa Besar dalam pengelolaan lingkungan pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas konvensional (4) rata-rata nilai keterampilan kelompok siswa dalam pengelolaan sampah di SMAN Kota Sumbawa besar tergolong baik (5) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis proyek berbantuan media DVD 6M dengan siswa yang di belajarkan pembelajaran konvensional (6) ada perbedaan pengetahuan antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis proyek berbantuan media DVD 6M dengan siswa yang dibelajarkan pembelajaran konvensional (7) ada perbedaan sikap antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis proyek berbantuan media DVD 6M dengan siswa yang diajarkan pembelajaran konvensional. Berdasarkan temuan penelitian ini beberapa saran yang dapat diajukan antara lain (1) bahwa media DVD 6M yang digunakan dalam pembelajaran berbasis proyek dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis sehingga dapat direkomendasikan untuk diterapkan oleh guru dalam mata pelajaran biologi maupun mata pelajaran lain yang relevan dengan kompetensi dasar yang diajarkan (2) bahwa media DVD 6M yang digunakan dalam strategi pembelajaran berabasis proyek efektif dalam meningkatkan pengetahuan sikap dan keterampilan siswa dalam pengelolaan lingkungan (3) bagi peneliti yang lainnya yang berminat menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek berbantuan media DVD 6M diperlukan pengembangan peneliti lain agar penerapan media yang digunakan dan penelitian ini bermanfaat bagi mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60350

Actions (login required)

View Item View Item