Kemampuan menemukan kesalahan penulisan kata bentuk siswa kelas IV SDN Bumiayu 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Thooriq Irtifa' Fathuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menemukan kesalahan penulisan kata bentuk siswa kelas IV SDN Bumiayu 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Thooriq Irtifa' Fathuddin

Fathuddin, Thooriq Irtifa' (2015) Kemampuan menemukan kesalahan penulisan kata bentuk siswa kelas IV SDN Bumiayu 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Thooriq Irtifa' Fathuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fathuddin Thooriq Irtifa . 2015. Kemampuan Menemukan Kesalahan Penulisan Kata Bentukan Siswa Kelas IV SDN Bumiayu 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S.Pd M.Si (II) Muh. Arafik S.Pd M.Pd. Kata kunci Kemampuan kesalahan penulisan kata bentukan Pembentukan kata dengan menggunakan awalan dan akhiran dalam bahasa Indonesia sudah banyak dikenal oleh para siswa. Namun demikian sering juga kita jumpai masih banyak kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam penulisannya bahkan dalam menemukan kesalahan yang ada pada sebuah tulisan. Seperti halnya pelesapan atau peluluhan konsonan k p t s pada prinsip pembentukan kata siswa banyak terkecoh dalam penulisan kata berawalan huruf k p t s yang diberi awalan me- dan akhiran kan contoh kata kait jika diberi awalan me- dan akhiran kan akan menjadi mengaitkan akan tetapi siswa banyak yang menuliskan dengan kata mengkaitkan . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menemukan kesalahan penulisan kata berawalan me- di- dan pe-. Penelitian ini memiliki langkah-langkah sebagai berikut (1) observasi awal (2) tes tertulis (3) wawancara tidak terstruktur (4) pengolahan data dan analisis data (5) menyimpulkan hasil analisis data. Sesuai dengan kaidah tata bahasa yang benar awalan me- dan pe- mempunyai banyak variasi (alomorf) perubahan variasi ditentukan oleh huruf konsonan awal kata yang diberi awalan. Kesalahan-kesalaan yang sering terjadi adalah kekeliruan penulisan di- sebagai awalan yang harus ditulis serangkai dan penulisan di- sebagai kata depan penunjuk yang harus ditulis terpisah. Kemampuan menemukan kesalahan penulisan kata bentukan siswa kelas IV SDN Bumiayu 3 dapat dijabarkan sebagai berikut (1) kemapuan menemukan kesalahan penulisan kata berawalan me- berjumlah 210 dengan persentase 78 95% (2) kemampuan menemukan kesalahan penulisan kata berawalan di- berjumlah 49 dengan persentase 64 47% (3) kemampuan menemukan kesalahan penulisan kata berawalan pe- berjumlah 44 dengan persentase 57 89%. Adapun keseluruhan kesalahan penulisan kata bentukan yang ditemukan oleh siswa kelas IV SDN Bumiayu 3 berjumlah 303 dengan persentase 72 49%. Hasil dari wawancara menyimpulkan beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menemukan kesalahan penulisan kata bentukan antara lain siswa masih belum memahami apa itu kata dasar kata bentukan yang salah tercampur di dalam cerita sehingga siswa merasa kesulitan dalam mencarinya terutama pada awalan di- banyak siswa yang salah dalam mengartikan di- sebagai awalan dan di- sebagai kata depan karena hal ini belum diajarkan oleh gurunya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6035

Actions (login required)

View Item View Item