Penerapan strategi inkuiri melalui implementasi kaji pembelajaran (lesson study) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang / Yuli Hartanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi inkuiri melalui implementasi kaji pembelajaran (lesson study) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang / Yuli Hartanto

Hartanto, Yuli (2012) Penerapan strategi inkuiri melalui implementasi kaji pembelajaran (lesson study) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang / Yuli Hartanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd. Kata kunci inkuiri kaji lesson study proses sains hasil belajar biologi Peneliti telah melakukan wawancara observasi kelas dan pemberian angket di Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang tahun pelajaran 2010/2011 didapatkan suatu fakta bahwa metode pembelajaran yang dominan digunakan oleh guru adalah ceramah diskusi dan tanya jawab. Guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan pemikiran mereka dalam menemukan konsep pembelajaran biologi secara mandiri juga tidak berkembangnya proses interaksi antar siswa maupun interaksi siswa dengan lingkungan bahkan interaksi antara siswa dengan guru. Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa kurang memiliki kemandirian dan tanggung jawab individu ataupun kelompok yang menyebabkan kurang optimalnya keterampilan proses sains biologi siswa yang berupa kemampuan observasi klasifikasi pengukuran komunikasi dan menyimpulkan padahal keterampilan proses sains biologi siswa merupakan pengalaman belajar yang penting dalam bidang IPA. Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru belum dapat mengoptimalkan hasil belajar kognitif biologi afektif biologi dan psikomotor biologi. Penerapan strategi inkuiri melalui implementasi lesson study dipandang potensial efektif untuk dapat meningkatkan keterampilan proses sains biologi hasil belajar kognitif biologi afektif biologi dan psikomotor biologi pada siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi inkuiri melalui implementasi lesson study dapat meningkatkan keterampilan proses sains biologi siswa hasil belajar kognitif biologi siswa hasil belajar afektif biologi siswa dan hasil belajar psikomotor biologi siswa. Penelitian ini pada materi tentang keterkaitan antara struktur fungsi dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak manusia dan keterkaitan antara struktur fungsi dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas berbasis lesson study. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus dan secara garis besar terdapat 3 tahapan yang dilalui pada setiap siklus yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan dan pengamatan (3) refleksi. Di dalam tahapan tersebut terintegrasi lesson study yang memiliki 3 tahapan plan do dan see. Setiap siklus terdiri atas 4 pertemuan selama 2 jam pelajaran untuk setiap pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA 1 semester 1 tahun pelajaran 2011/1012 SMA Negeri 1 Kepanjen dengan jumlah siswa 32 terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan yang memiliki keheterogenan dari segi prestasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada setiap pertemuan selalu terdapat perbaikan-perbaikan pengelolaan pembelajaran dengan berdasarkan pada refleksi pertemuan sebelumnya. Keterlaksanaan strategi inkuiri dan implementasi lesson study terjadi peningkatan dari siklus I siklus II dan siklus III. Hasil keterampilan proses sains biologi meliputi kemampuan dalam observasi klasifikasi pengukuran komunikasi kemampuan menyimpulkan terjadi peningkatan dari siklus I siklus II dan siklus III. Hasil belajar kognitif biologi terjadi peningkatan dari siklus I siklus II dan siklus III. Hasil belajar afektif biologi meliputi kerajinan keberanian minat disiplin menghargai pendapat terjadi peningkatan dari siklus I siklus II dan siklus III. Hasil belajar psikomotor biologi meliputi keaktifan kerja inisiatif kecakapan menggunakan alat pemecahan masalah terjadi peningkatan dari siklus I siklus II dan siklus III. Berdasarkan hasil penelitian analisis data dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi inkuiri melalui implementasi lesson study dapat meningkatkan keterampilan proses sains biologi siswa hasil belajar kognitif biologi siswa hasil belajar afektif biologi siswa maupun hasil belajar psikomotor biologi siswa. Penerapan strategi inkuiri dilakukan dengan cara menyusun RPP yang di dalamnya terdapat langkah-langkah inkuiri sebagai berikut merumuskan masalah membuat hipotesis mengumpulkan data menguji hipotesis dan membuat kesimpulan. RPP perlu dilengkapi dengan LKS inkuiri yang penyusunannya dirancang sedemikian rupa sehingga siswa dalam mengerjakan LKS inkuiri di samping melakukan langkah inkuiri juga melakukan proses sains biologi kognitif biologi afektif biologi dan psikomotor biologi. Implementasi lesson study dilaksanakan sesuai tahapan plan do see bagaimana siswa belajar dan kesulitan yang dihadapinya selama pembelajaran berlangsung dapat direkam kemudian dibahas dan dicari solusinya sehingga pengelolaan kelas menjadi lebih optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60349

Actions (login required)

View Item View Item