Pengaruh strategi pembelajaran peer mediated instruction and intervention tipe Classwidw Peer Tutoringt dan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis, hasil belajar kognitif, dan afektif IPA Biologi siswa kelas XI SMK Negeri I Bontang tahun pelajaran 2011/20 - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran peer mediated instruction and intervention tipe Classwidw Peer Tutoringt dan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis, hasil belajar kognitif, dan afektif IPA Biologi siswa kelas XI SMK Negeri I Bontang tahun pelajaran 2011/20

Hamsiah (2012) Pengaruh strategi pembelajaran peer mediated instruction and intervention tipe Classwidw Peer Tutoringt dan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis, hasil belajar kognitif, dan afektif IPA Biologi siswa kelas XI SMK Negeri I Bontang tahun pelajaran 2011/20. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. (II) Dr Hedi Sutomo S.U Kata Kunci Classwide Peer Tutoring kemampuan akademik berpikir kritis kognitif dan afektif Pembelajaran IPA di SMKN 1 Bontang masih didominasi dengan strategi belajar konvensional yaitu metode belajar dengan ceramah. Hal ini berdampak terhadap kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif IPA yang cendrung masih rendah karna siswa belum terlatih menjadi pebelajar yang mandiri. Oleh karena itu diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat memberdayakan kemampuan berpikir kritis yang berimplikasi terhadap hasil belajarnya. Inovasi pembelajaran PMII tipe CWPT dapat digunakan sebagai terobosan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif dan hasil belajar Afektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran PMII tipe CWPT dan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif IPA Biologi Siswa Kelas XI di SMK Negeri I Bontang Tahun ajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah rancangan pretest-posttest non eqivalen control group design. Populasi sebanyak 9 kelas yang berjumlah 290 siswa. Sampel dipilih 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 64 siswa untuk kelompok eksperimen dan 60 siswa untuk kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar kognitif dan tes sikap skala Likert untuk mengukur hasil belajar afektif. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial (statistik Anakova) dengan bantuan program software SPSS versi 16 for Windows dilakukan dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif siswa. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif IPA Biologi siswa dengan strategi pembelajaran Peer Mediated Instruction and Intervention tipe Classwide Peer Tutoring memiliki nilai mean terkoreksi lebih tinggi masing-masing 13 83 3 73 dan 2 50 dari rata-rata mean terkoreksi untuk kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif siswa dengan strategi konvensional (2) Tidak ada pengaruh kemampuan akademik terhadap hasil belajar afektif IPA Biologi tetapi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif IPA Biologi. Perbedaan yang tidak signifikan terlihat pada hasil belajar afektif IPA Biologi siswa rata-rata skor terkoreksi pada siswa berkemampuan akademik atas masing-masing 3 51 dan 8 45 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa berkemampuan akademik rendah (3) Tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis hasil berpikir kognitif dan hasil belajar afektif IPA Biologi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai kemampuan berpikir kritis hasil berpikir kognitif dan hasil belajar afektif siswa yang berkemampuan akademik atas maupun siswa yang berkemampuan akademik rendah. Berdasarkan hasil penelitian disarankan guru menerapkan strategi PMII tipe CWPT agar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif dan hasil afektif siswa baik pada siswa berkemampuan akademik atas maupun pada siswa berkemampuan akademik bawah dan dapat diimplementasikan pada pokok bahasan yang lain. Kemampuan guru menggunakan berbagai macam strategi pembelajaran dapat mengurangi bahkan menghilangkan kejenuhan siswa dalam menerima pembelajaran. Bagi guru yang akan menerapkan strategi pembelajaran PMII tipe CWPT agar mempertimbangkan kesiapan siswa kesiapan guru dan ketersediaan sumber belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60347

Actions (login required)

View Item View Item