Pengaruh penerapan strategi pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan metakogniotif, penguasaan konsep, dan retensi siswa kelas X di SMAN 7 dan SMAN Gondanglegi Malang / Mawarti Endah Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan strategi pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan metakogniotif, penguasaan konsep, dan retensi siswa kelas X di SMAN 7 dan SMAN Gondanglegi Malang / Mawarti Endah Pratiwi

Pratiwi, Mawarti Endah (2012) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan metakogniotif, penguasaan konsep, dan retensi siswa kelas X di SMAN 7 dan SMAN Gondanglegi Malang / Mawarti Endah Pratiwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Biologi. Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. A.D. Corebima M.Pd (II) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah M.Pd Kata kunci pembelajaran berbasis proyek metakognitif penguasaan konsep retensi Pembelajaran IPA di Indonesia khususnya mata pelajaran Biologi saat ini diarahkan untuk mencari tahu dan melaksanakan suatu eksperimen sehingga dapat membantu peserta didik memperoleh pemahaman tentang dirinya sendiri dan alam sekitar. Kompetensi yang diharapkan dapat tercapai melalui pembelajaran ini adalah tercapainya kemampuan metakognitif siswa yaitu kesadaran siswa terhadap sesuatu yang dipikirkannya tercapai peningkatan penguasaan konsep Biologi siswa serta peningkatan retensi siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan tiga kemampuan tersebut adalah strategi pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan metakognitif penguasaan konsep serta retensi siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Malang dan SMAN Gondanglegi Malang pada semester genap 2009/2010 dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri di Malang tahun ajaran 2009/2010. Sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas siswa kelas X SMAN 7 dan SMAN Gondanglegi Malang masing-masing dalam 2 rombongan belajar. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian menggunakan non equivalent group design. Analisis yang digunakan adalah analisis anakova nonfaktorial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berbasis proyek tidak memberikan pengaruh yang berbeda terhadap kemampuan metakognitif penguasaan konsep dan retensi jika dibandingkan dengan pembelajaran multistrategi yang diterapkan pada kelas kontrol. Peningkatan kemampuan metakognitif siswa pada kelas eksperimen adalah sebesar 3 2% sedangkan siswa pada kelas kontrol yang difasilitasi pembelajaran multistrategi mengalami peningkatan kemampuan metakognitif sebesar 5 5%. Penguasaan konsep siswa yang difasilitasi dengan strategi pembelajaran berbasis proyek meningkat sebesar 17 88%. Siswa yang difasilitasi dengan pembelajaran multistrategi peningkatan penguasaan konsepnya dibandingkan hasil pretes adalah 9 37%. Kenaikan retensi hasil belajar dibandingkan hasil postes pada siswa yang difasilitasi pembelajaran berbasis proyek adalah sebesar 10 63%. Pada siswa yang difasilitasi pembelajaran multistrategi pada kelas kontrol kenaikan retensinya dibandingkan hasil postes adalah sebesar 3 78%. Strategi pembelajaran berbasis proyek berdasarkan penelitian ini selain mampu meningkatkan retensi siswa diduga mampu mengembangkan keterampilan proses sains siswa dan menumbuhkan rasa percaya diri serta sikap siswa terhadap lingkungan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran proyek terhadap kemampuan keterampilan proses dan sikap siswa terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60345

Actions (login required)

View Item View Item