Pengaruh penerapan problem based learning melalui strategi belajar preview, question, read, reflect, recite, and review terhadap kemampuan berpikir kritis, hasil belajar kognitif, dan hasil belajar afektif siswa kelas VII SMPN 18 Balikpapan / Nur Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan problem based learning melalui strategi belajar preview, question, read, reflect, recite, and review terhadap kemampuan berpikir kritis, hasil belajar kognitif, dan hasil belajar afektif siswa kelas VII SMPN 18 Balikpapan / Nur Hasanah

Hasanah, Nur (2012) Pengaruh penerapan problem based learning melalui strategi belajar preview, question, read, reflect, recite, and review terhadap kemampuan berpikir kritis, hasil belajar kognitif, dan hasil belajar afektif siswa kelas VII SMPN 18 Balikpapan / Nur Hasanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci PBL-PQ4R Kemampuan Berpikir Kritis Hasil Belajar Kognitif Hasil Belajar Afektif. Pembelajaran biologi saat ini masih cenderung berpusat pada guru (teacher centered). Guru belum sepenuhnya memberdayakan potensi peserta didik dengan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Akibatnya peserta didik kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya sehingga berdampak pada kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif. Banyak cara atau strategi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Cara yang dimaksud adalah penerapan Problem Based Learning (PBL) melalui strategi belajar Preview Question Read Reflect Recite. and Review (PQ4R) dimana siswa belajar bagaimana menggunakan proses interaktif untuk menilai apa yang mereka ketahui mengidentifikasi apa yang mereka ingin ketahui mengumpulkan informasi dan secara kolaborasi mengevaluasi hipotesisnya berdasarkan data yang mereka kumpulkan melalui strategi membaca PQ4R. Integrasi kedua model pembelajaran tersebut memiliki keunggulan dalam meningkatkan pemahaman dan aktifitas siswa serta kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan PBL melalui strategi belajar PQ4R dalam pembelajaran (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan PBL melalui strategi belajar PQ4R terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan PBL melalui strategi belajar PQ4R terhadap hasil belajar kognitif siswa dan (4) mengetahui ada tidaknya pengaruh pengaruh penerapan PBL melalui strategi belajar PQ4R terhadap hasil belajar afektif siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan Pretest-Postest Non Equivalent Control Group Design yang terdiri atas 1 variabel bebas dan 3 variabel terikat. Variabel bebas adalah strategi pembelajaran meliputi penerapan PBL melalui strategi belajar PQ4R dan konvensional. Variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 18 Balikpapan semester genap tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 85 siswa sebagai sampel penelitian. Sampel penelitian ini terbagi dalam 2 kelas yakni kelas PBL-PQ4R dan konvensional. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan tes tertulis untuk mengukur kemampuan berpikir kritis tes tertulis untuk mengukur hasil belajar kognitif dan angket skala sikap untuk mengukur hasil belajar afektif. Data di analisis menggunakan statistik anakova dengan bantuan program Statistical Program for Social Science (SPSS) 18.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan penerapan PBL melalui strategi belajar PQ4R berlangsung baik (2) terdapat pengaruh penerapan PBL melalui strategi belajar PQ4R terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Hasil uji lanjut menunjukan bahwa nilai kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan PBL melalui strategi belajar PQ4R memiliki nilai rata-rata terkoreksi lebih tinggi yakni 71 229 dibanding nilai kemampuan berpikir kritis siswa dengan metode konvensional yakni 39 765. Rata-rata nilai kemampuan berpikir siswa dengan penerapan PBL melalui strategi belajar PQ4R meningkat sebesar 131% dari nilai pretes-postes sebesar 31 70 menjadi 73 23. Nilai hasil belajar kognitif memiliki nilai rata-rata terkoreksi lebih tinggi yakni 75 917 dibanding nilai hasil belajar kognitif siswa dengan metode konvensional yakni 49 506. Rata-rata nilai hasil belajar kognitif siswa dengan penerapan PBL melalui strategi belajar PQ4R meningkat sebesar 63 52% dari nilai pretes-postes sebesar 46 28 menjadi 75 68. (2) tidak terdapat perbedaan yang nyata antara penerapan PBL melalui strategi belajar PQ4R dan strategi konvensional terhadap hasil belajar afektif siswa. Nilai rata-rata terkoreksi hasil belajar afektif siswa dengan penerapan PBL melalui strategi belajar PQ4R yakni 85 464 dan nilai rata-rata hasil belajar afektif siswa dengan metode konvensional yakni 84.407. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) keterlaksanaan penerapan PBL melalui strategi belajar PQ4R berlangsung baik (2) penerapan PBL melalui strategi belajar PQ4R berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif serta hasil belajar afektif siswa. (3) tidak terdapat perbedaan yang nyata antara penerapan PBL melalui strategi belajar PQ4R dengan strategi konvensional terhadap hasil belajar afektif siswa kedua strategi berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar afektif siswa kelas VII di SMPN 18 Balikpapan. Maka dapat disarankan kepada tenaga pendidik lainya untuk menggunakan penerapan PBL melalui strategi belajar PQ4R dalam membelajarkan siswa karena strategi pembelajaran tersebut terbukti mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60344

Actions (login required)

View Item View Item