Pengembangan bahan ajar biologi kelas XI semester ganjil berbasis konstruktivisme model Learning Cycle untuk Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) / Ainun Asmawati

Asmawati, Ainun (2012) Pengembangan bahan ajar biologi kelas XI semester ganjil berbasis konstruktivisme model Learning Cycle untuk Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) / Ainun Asmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : pengembangan, bahan ajar, RSBI, learning cycle Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) merupakan salah satu kebijakan pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia di era globalisasi. Sekolah RSBI berupaya untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, sehingga dalam proses pembelajaran di kelas diperlukan bahan ajar yang mendukung. Bahan ajar yang dikembangkan berupa buku yang dapat dijadikan acuan baik oleh guru maupun siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan mengembangkan bahan ajar Biologi kelas XI semester ganjil berbasis konstruktivisme model learning cycle untuk RSBI dari aspek materi (isi), sajian (tampilan) dan bahasa (keterbacaan). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Bahan ajar dikembangkan menggunakan model 4-D (four D model) yang disarankan oleh Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel (1974). dengan prosedur penelitian meliputi tahap Define, Designe, dan Develop, dan Dessiminate. Validator ahli bahan ajar terdiri dari tiga orang dosen Universitas Negeri Malang, dan dua orang guru SMA Negeri 1 Malang. Validator keterbacaan pada uji kelompok kecil terdiri dari 10 orang siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Malang. Data yang diperoleh dalam penelitian meliputi (1) data kuantitatif berupa skor angket penilaian dari validator ahli, dan (2) data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator ahli dan siswa. Hasil pengembangan berupa bahan ajar Biologi hasil validasi materi, tampilan, dan bahasa terdiri dari bagian pendahuluan, isi, dan penutup. Pada bagian pendahuluan terdiri dari halaman sampul, kata pengantar, pengantar bagi pengguna bahan ajar, petunjuk untuk guru, petunjuk untuk siswa, dan daftar isi. Pada bagian isi terdapat lima chapter dengan materi pokok, (1) The Cell, (2) Tissue and Organ of Plant, (3) Tissue, Organ, and Organ System in Animal, (4) Movement System in Human, dan (5) Cyrculatory System. Setiap chapter meliputi tahap learning cycle yaitu engagement, exploration, explanation, elaboration dan evaluation. Pada bagian penutup terdiri dari glosarium, daftar rujukan dan indeks. Hasil penilaian validator materi sebesar 66,70% yang berarti valid, hasil penilaian validator tampilan sebesar 76,17% yang berarti valid dan hasil penilaian validator bahasa sebesar 72,38 yang berarti valid. Sedangkan hasil uji keterbacaan oleh siswa juga diperoleh hasil yang valid, artinya siswa tidak mengalami kesulitan dalam membaca bahan ajar, sehingga bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran Biologi di kelas IPA RSBI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60343

Actions (login required)

View Item View Item