Pengaruh pembelajaran berbasis masalah melalui investigasi kelompok berbantuan media 6M pengelolaan sampah terhadap hasil belajar kognitif, afrktif, dan keterampilan kerja ilmiah mahasiswa IPA Universitas Wiraraja Sumenep Madura / Dyah Ayu Fajarianingtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran berbasis masalah melalui investigasi kelompok berbantuan media 6M pengelolaan sampah terhadap hasil belajar kognitif, afrktif, dan keterampilan kerja ilmiah mahasiswa IPA Universitas Wiraraja Sumenep Madura / Dyah Ayu Fajarianingtyas

Fajarianingtyas, Dyah Ayu (2012) Pengaruh pembelajaran berbasis masalah melalui investigasi kelompok berbantuan media 6M pengelolaan sampah terhadap hasil belajar kognitif, afrktif, dan keterampilan kerja ilmiah mahasiswa IPA Universitas Wiraraja Sumenep Madura / Dyah Ayu Fajarianingtyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. (II) Dr. Fatchur Rohman M.Si. Kata kunci Model Pembelajaran Berbasis Masalah melalui Investigasi Kelompok Media 6M Pengelolaan Sampah Hasil Belajar Kognitif Hasil Belajar Afektif Keterampilan Kerja Ilmiah. Perkembangan sains dan teknologi sangat pesat sehingga keterampilan berpikir dan keterampilan kerja ilmiah penting diberdayakan kepada mahasiswa selama proses pembelajaran. Salah satu peranan mahasiswa dalam berpartisipasi membentuk masyarakat yang berwawasan lingkungan dapat diperoleh melalui jalur pendidikan. Pengelolaan sampah merupakan persoalan lingkungan yang perlu mendapat perhatian dari waktu ke waktu. Salah satu strategi untuk memahamkan mahasiswa tentang pentingnya pengelolaan sampah adalah dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) melalui Investigasi Kelompok (IK). Pembelajaran ini menggunakan bantuan media 6M pengelolaan sampah dalam bentuk DVD. Media pembelajaran berisi upaya pengelolaan sampah rumah tangga meliputi mengurangi menggunakan kembali mengganti memisahkan mendaur ulang dan mengomposkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterlaksanaan PBM melalui IK berbantuan media 6M pengelolaan sampah pada mahasiswa IPA Universitas Wiraraja Sumenep Madura (2) mengetahui pengaruh PBM melalui IK berbantuan media 6M pengelolaan sampah terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa IPA Universitas Wiraraja Sumenep Madura (3) mengetahui pengaruh PBM melalui IK berbantuan media 6M pengelolaan sampah terhadap hasil belajar afektif mahasiswa IPA Universitas Wiraraja Sumenep Madura dan (4) mengetahui pengaruh PBM melalui IK berbantuan media 6M pengelolaan sampah terhadap keterampilan kerja ilmiah mahasiswa IPA Universitas Wiraraja Sumenep Madura. Penelitian ini merupakan quasi experimen. Subjek penelitian yang digunakan meliputi seluruh populasi yaitu mahasiswa Program Studi IPA kelas A dan B di Universitas Wiraraja Sumenep Madura tahun akademik 2011/2012. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran. Data dianalisis dengan analisis statistik kovarian (ANAKOVA) serta dilanjutkan dengan uji beda LSD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBM melalui IK berbantuan media 6M pengelolaan sampah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif hasil belajar afektif dan keterampilan kerja ilmiah mahasiswa IPA Universitas Wiraraja Sumenep Madura. Mahasiswa IPA yang diperlakukan dengan model pembelajaran PBM melalui IK berbantuan media 6M pengelolaan sampah menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 29% dibandingkan kelas kontrol hasil belajar afektif menunjukkan peningkatan 24% dibandingkan kelas kontrol dan keterampilan kerja ilmiah sebesar 60% dibandingkan kelas kontrol. Kesimpulan penelitian adalah model pembelajaran PBM melalui IK berbantuan media 6M pengelolaan sampah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif hasil belajar afektif dan keterampilan kerja ilmiah. Saran yang dapat diajukan sebagai berikut (1) model pembelajaran PBM melalui IK berbantuan media 6M pengelolaan sampah direkomendasikan dalam pembelajaran biologi di tingkat Perguruan Tinggi (2) perlu dilakukan penelitian serupa untuk dikaji pada materi lain dan institusi lain (3) program 6M dapat menjadi bahan pertimbangan untuk dimasukkan dalam kurikulum Ilmu Pengetahuan Lingkungan dan (4) perlu pertimbangan alokasi waktu yang efektif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60342

Actions (login required)

View Item View Item