Masruro, Nur Ana (2012) Pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Balikpapan / Nur Ana Masruro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pembelajaran inkuiri motivasi siswa hasil belajar Salah satu tolok ukur keberhasilan pendidikan sekolah adalah kualitas atau prestasi hasil belajar siswa dan adanya perubahan tingkah laku kearah yang lebih baik. Upaya yang telah dilakukan untuk memperbaiki kualitas pendidikan tampak dengan adanya perubahan orientasi pembelajaran dari belajar yang terpusat pada guru menjadi terpusat pada siswa. Oleh karena itu penentuan pendekatan dan model pembelajaran yang tepat akan ikut mendukung perubahan orientasi pembelajaran tersebut. Penerapan metode inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi memfasilitasi siswa agar pada dirinya tumbuh motivasi belajar sehingga siswa menjadi aktif kreatif merasa senang dan termotivasi untuk belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing dan bebas termodifikasi terhadap motivasi belajar siswa 2) pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing dan bebas termodifikasi terhadap hasil belajar biologi siswa dan 3) respons siswa terhadap penerapan pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing dan bebas termodifikasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Balikpapan Tahun pelajaran 2011/2012. Untuk menentukan subyek penelitian dipilih secara acak dari 8 kelas di SMP Negeri 11 Balikpapan dan didapatkan kelas VIII-B dan kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelas konvensional. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasy experimental design) dengan rancangan eksperimen yang digunakan adalah Non Random Pre-tes Post-test Control Group untuk mengungkapkan hubungan sebab akibat dengan cara melibatkan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan angket motivasi siswa dan tes hasil belajar melalui tahap-tahap pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Anakova (Analysis of Covariance) untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Bila hasil analisis signifikan (variabel bebas berpengaruh pada variabel terikat) maka analisis dilanjutkan dengan uji lanjut dengan menggunakan program statistik software SPSS 15 for Windows pada taraf signifikansi 0 05. Berdasarkan hasil angket motivasi belajar siswa kelas perlakuan yang diberi metode pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki nilai rata-rata motivasi lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan metode pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi dan metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan persentase peningkatan motivasi siswa terhadap aspek attention relevance confidence dan satisfaction maka secara umum dapat di interpretasikan bahwa siswa positif terhadap pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing pada materi Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan. Berdasarkan hasil uji anacova diperoleh nilai signifikansi lebih kecil daripada nilai 945 0 05 (sig 0 05). Sehingga hipotesis statistik (Ho) ditolak dan menerima hipotesis penelitian (H1) yaitu ada pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil uji lanjut LSD juga diperoleh informasi bahwa rata-rata skor terkoreksi hasil belajar dari tertinggi ke terendah berdasarkan metode pembelajaran secara berurutan adalah metode inkuiri terbimbing 82 35 inkuiri bebas termodifikasi 78 99 dan terendah metode konvensional 64 55. Dengan demikian hasil uji ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan sangat signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing inkuiri bebas termodifikasi dan konvensional. Berdasarkan hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa siswa merasa senang mengikuti pelajaran biologi dengan teman sekelas dengan menggunakan metode pembelajaran Inkuiri siswa merasa lebih paham tentang materi pelajaran biologi yang disampaikan guru dalam pembelajaran dengan diterapkannya model pembelajaran inkuiri siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar Biologi karena siswa merasa banyak hal yang belum diketahui dalam pelajaran biologi menjadi mengetahuinya. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) terdapat pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing dan bebas termodifikasi terhadap motivasi belajar siswa dengan materi memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan (2) terdapat pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing dan bebas termodifikasi terhadap hasil belajar biologi siswa (3) siswa memiliki respon positif terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi. Berdasarkan adanya perbedaan dari ketiga metode pembelajaran yaitu metode inkuiri terbimbing inkuiri bebas termodifikasi dan metode konvensional maka disarankan 1) Bagi para guru dalam pembelajaran biologi hendaknya dapat memilih metode yang tepat disesuaikan dengan konsep dan karakteristik serta kondisi siswa. 2) Bagi peneliti hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu acuan dalam melakukan penelitian lanjutan dengan cara mengintergrasikan metode pembelajaran inkuiri dengan metode pembelajaran kooperatif lainnya. Supaya diadakan penelitian yang serupa pada materi pelajaran yang lain serta melibatkan variabel yang lebih banyak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60340 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |