Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui gambar seri pada siswa kelas III SDN Bandungrejosari 3 Malang / Rendy Mega Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui gambar seri pada siswa kelas III SDN Bandungrejosari 3 Malang / Rendy Mega Pratiwi

Pratiwi, Rendy Mega (2015) Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui gambar seri pada siswa kelas III SDN Bandungrejosari 3 Malang / Rendy Mega Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratiwi Rendy. 2015. Keterampilan menulis karangan narasi melalui gambar seri kelas III SDN Bandungrejosari 3 Malang. Skripsi Program Studi S1 PGSD Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs A.Badawi S.Pd M.Pd (II) Drs. Achmad Tauifik M.Pd Kata Kunci keterampilan menulis karangan narasi gambar seri Pendidikan satu permasalahan yang fundemental dimana pendidikan memegang peranan penting dalam kehidupanmanusia. Dalam pendidikan terdapat ilmupengetahuan yang sarat akan informasi dan dapat kita manfaatkan untuk saling berinteraksi dengan orang lain Bahasa juga salah satu bagian penting dari sebuah pendidikan dimana bahasa adalah alat berhunbungan atau berinteraksi yang maha penting dalam bermnasyarakat. Dengan bahasa kita dapat menjelaskan serta menyampaikan berbgaia berita batin pikiran dan pengalaman. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tiondakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif yaitu peneliti bertindak sebagai pengajar langsung sedangkan guru kelas sebagai pengamat penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran menulis karangan dengan media gambar seri untuk mengajarkan kepada siswa SDN Bandungrejosari 3 kelas III cara menulis karangan narasi dengan bantuan media gambar seri 2)Mendeskripsikan peningkatan keteramplan menulis karangan narasi dengan menggunakan bantuan media gambar berseri yakni dari (a)segi isikarangan (b) bentuk karangan (c) gaya dan (d) ejaan dan tanda baca dengan bantuan mediua gambar seri iwa kelas III SDN Bandungrejosari 3- Malang Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Baahasa Indonesia siswa kelas III SDN Bandungrejosari 3 Malang. Perolehan rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 68 ke siklus II sebesar 83 terjadi peningkatan sebesar 45 5%. Hasil belajar siswa juga meningkat dari siklus I sebesar 67 ke siklus II sebesar 87 terjadi peningkatan sebesar 36 5%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III di SDN Bandungrejosari 3 Malang. Saran yang dapat diberikan peneliti yaitu agar model pembelajaran penggunaan media gambar seri ini tetap diterapkan oleh guru dalam kegiatan mengajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6034

Actions (login required)

View Item View Item