Pengaruh pembelajaran bebaris masalah dan kemampuan akademik siswa terhadap kemampuan metakognitif, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada konsep sistem pernapasan kelas XI SMA Negeri 1 Tellulimpoe Kabupaten Sinjai / Irhayana Halim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran bebaris masalah dan kemampuan akademik siswa terhadap kemampuan metakognitif, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada konsep sistem pernapasan kelas XI SMA Negeri 1 Tellulimpoe Kabupaten Sinjai / Irhayana Halim

Halim, Irhayana (2012) Pengaruh pembelajaran bebaris masalah dan kemampuan akademik siswa terhadap kemampuan metakognitif, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada konsep sistem pernapasan kelas XI SMA Negeri 1 Tellulimpoe Kabupaten Sinjai / Irhayana Halim. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran berbasis masalah kemampuan akademik metakognitif berpikir kritis kognitif Pembelajaran Biologi khususnya materi pelajaran Sistem Pernapasan di SMA Negeri 1 Tellulimpoe masih didominasi dengan strategi belajar konvensional yaitu metode belajar dengan ceramah. Hal ini berdampak terhadap kemampuan kognitif dan kemampuan berpikir kritis yang cenderung masih rendah karena siswa belum terlatih menjadi pebelajar yang mandiri. Oleh karena itu diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat memberdayakan kemampuan berpikir siswa yang berimpilikasi terhadap hasil belajarnya. Inovasi pembelajaran berbasis masalah dapat digunakan sebagai terobosan untuk mengembangkan kemampuan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan kemamuan kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kemampuan akademik dan interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap kemampuan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa pada konsep sistem pernapasan di SMA Negeri 1 Tellilimpoe. Pendekatan penelitian ini adalah quasi eksperimen yaitu dua kelompok diberi perlakuan strategi pembelajan berbeda dengan mempertimbangkan kemampuan akademik awal lalu dilihat pengaruhnya terhadap kemampuan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa. Desain yang digunakan adalah pretest-postes Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket MAI-Jr untuk mengukur kemampuan metakognitif tes essai untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan tes pilihan ganda dan essai untuk mengukur kemampuan kognitif. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial (statistik Anakova dengan bantuan program SPSS versi 13 0 for windows dilakukan dengan taraf signifikan 5%). Hasil penelitian menunjukkaan bahwa (1) ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap kemampuan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan kognitif siswa. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa kemampuan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa dengan strategi pembelajaran berbasis masalah memiliki nilai mean terkoreksi lebih tinggi masing-masing 7 80 4 64 dan 4 91 dari rata-rata mean terkoreksi untuk kemampuan metakognitif siswa dengan strategi konvensional (2) tidak ada pengaruh kemampuan akademik terhadap kemampuan metakognitif tetapi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa. Perbedaan tidak signifikan terlihat pada kemampuan metakognitif siswa rata-rata skor terkoreksi pada siswa berkemampuan akademik rendah 3.60 lebih tinggi dari pada siswa berkemampuan akademik tinggi. Pada kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa rata-rata skor terkoreksi siswa berkemampuan tinggi masing-masing 6 17 dan 8 88 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa berkemampuan akademik rendah (3) Tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik terhadap kemampuan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai kemampuan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa baik pada siswa yang berkemampuan akademik tinggi maupun siswa yang berkemampuan akademik rendah. Berdasarkan hasil penelitian disarankan guru dapat menerapkan strategi PBM agar dapat meningkatkan kemampuan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa baik pada siswa berkemampuan akademik tinggi maupun pada siswa berkemampuan akademik rendah dan dapat diimplementasikan pada pokok bahasan yang lain. Kemampuan pendidik menggunakan berbagai macam strategi pembelajaran dapat mengurangi bahkan menghilangkan kejenuhan siswa dalam menerima pembelajaran. Bagi guru yang akan menerapkan strategi pembelajaran berbasis masalah agar mempertimbangkan kesiapan peserta didik kesiapan guru dan ketersediaan sumber belajar yang akan digunakan dalam implementasi strategi pembelajaran berbasis masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60335

Actions (login required)

View Item View Item