Pengaruh strategi pembelajaran think pair share dipadu reciprocal teaching dan kemampuan akademik yang berbeda terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kreatif pada siswa SMA Negeri 1 Batu dan SMA Negeri 1 Grati / Wiratamasari Sarwinda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran think pair share dipadu reciprocal teaching dan kemampuan akademik yang berbeda terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kreatif pada siswa SMA Negeri 1 Batu dan SMA Negeri 1 Grati / Wiratamasari Sarwinda

Sarwinda, Wiratamasari (2011) Pengaruh strategi pembelajaran think pair share dipadu reciprocal teaching dan kemampuan akademik yang berbeda terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kreatif pada siswa SMA Negeri 1 Batu dan SMA Negeri 1 Grati / Wiratamasari Sarwinda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Aloysisus Duran Corebima M.Pd (II) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. Kata Kunci Think Pair Share Reciprocal Teaching Kemampuan Akademik Hasil Belajar Kognitif Keterampilan Berpikir Kreatif. Kualitas pendidikan di Indonesia semakin menurun. Salah satu indikator kualitas pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar kognitif. Hasil belajar kognitif di Indonesia masih tergolong rendah. Hasil penelitian berbagai lembaga misalnya PBB dan International Institute of Management Development menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia masih tertinggal dibanding Negara-Negara ASEAN lainnya. Untuk dapat mencapai tujuan pendidikan nasional sesuai dengan yang kita harapkan serta memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia tentu saja dibutuhkan suatu perubahan di dalam sistem pengajaran yang ada saat ini. Guru masih menggunakan paradigma lama dalam proses KBM yaitu strategi pembelajaran konvensional. Strategi ini cenderung berpusat pada guru (teacher centered) sehingga belum mengoptimalkan keterampilan berpikir kreatif dan juga keheterogenitasan kemampuan akademik siswa oleh sebab itu diperlukan suatu inovasi strategi pembelajaran yang dapat membantu memecahkan masalah tersebut. Strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Reciprocal Teaching (RT) sangat cocok digunakan untuk menjawab permasalahan di atas. Kedua strategi ini sangat cocok digunakan karena strategi ini merupakan pembelajaran cooperative yang dapat memberdayakan adanya heterogenitas kemampuan akademik siswa (Slavin 2010). Penggabungan Strategi pembelajaran TPS dan Strategi pembelajaran RT mempunyai potensi yang besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran terutama dalam mata pelajaran Biologi di SMA karena perpaduan kedua strategi ini memberikan peluang kepada siswa untuk dapat meningkatkan hasil belajar kognitif memberdayakan keterampilan berpikir kreatif dan juga memberdayakan heterogenitas kemampuan akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa (2) apakah ada pengaruh kemampuan akademik yang berbeda terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa (3) apakah ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan akademik yang berbeda terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa. Metode penelitian (1) penelitian pengembangan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dan (2) penelitian quasi eksperimen untuk mengetahui pengaruh penerapan perangkat pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kreatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu dan SMA Negeri 1 Grati. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas X4 (RT) X7 (konvensional) X9 (TPS) X3 (RT TPS) SMA Negeri 1 Batu dan siswa kelas X2 (RT) X7 (TPS RT) X3 (konvensional) X8 (TPS) SMA Negeri 1 Grati.. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes untuk mendapatkan data skor hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kreatif. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis kovarian (anakova). Analisis data menggunakan fasilitas SPSS 16.0 for windows. Pengujian hipotesis pengaruh perlakuan terhadap hasil belajar kognitif menunjukkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif dengan F-hitung sebesar 24689 nilai signifikansi 0.000 nilai ini lebih kecil dari alpha 0.05. Hasil uji LSD menunjukkan bahwa strategi pembelajaran RT memberikan pengaruh yang berbeda dibandingkan dengan strategi yang lainnya. Kemampuan akademik tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa dari data hasil perhitungan nilai F-hitung sebesar 0.956 nilai signifikansinya 0.330 nilai ini lebih besar dari alpha 0.05. Interaksi strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik menunjukkan nilai F-hitung sebesar 3.236 dan nilai signifikansinya 0.024 nilai signifikansi lebih kecil dari alpha 0.05 sehingga dapat disimpulkan interaksi ini berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif. Dari hasil uji LSD didapatkan bahwa strategi pembelajaran RT kemampuan akademik rendah memberikan perbedaan dibandingkandengan yang lainnya. Pengujian hipotesis pengaruh perlakuan terhadap keterampilan berpikir kreatif menujukkan bahwa strategi pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif. Nilai signifikansi 0.000 lebih kecil dari nilai alpha 0.05. Hasil uji LSD menunjukkan bahwa strategi pembelajaran TPS RT memberikan perbedaan yang signifikan dibanding strategi yang lainnya. kemampuan akademik berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif dengan nilai signifikansi lebih kecil dari nilai alpha 0.05. Sementara itu interaksi strategi pembelajaran dan kemapuan akademik tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif. Nilai signifikansinya 0 360 lebih besar dari nilai alpha 0 05. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif siswa (2) tidak ada pengaruh kemampuan akademik terhadap hasil belajar kognitif siswa. (3) ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik terhadap hasil belajar kognitif siswa. (4) ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. (5) ada pengaruh kemampuan akdemik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. (6) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Saran bagi guru dan peneliti berikutnya adalah (1) Bagi pihak sekolah dosen mahasiswa sebagai calon pendidik hendaknya dapat menerapkan strategi pembelajaran TPS RT TPS RT dan berbagai inovasi pembelajaran yang lainnya serta dapat mengembangkan inovasi pembelajaran yang lain supaya terdapat variasi dalam mengajar dan mendapatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kreatif yang lebih baik (2) Untuk menerapkan strategi pembelajaran TPS RT TPS RT ditingkat SMA guru sebaiknya menguasai dengan baik langkah-langkah pembelajaran tersebut (3) kondisi kelas pada saat pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran yang telah dirancang harus kondusif dan memungkinkan siswa untuk belajar dengan nyaman sehingga memberikan hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60324

Actions (login required)

View Item View Item