Pengaruh strategi think pair share, reciprocal teaching, dan integrasinya terhadap hasil belajar kognitif biologi dan kemampuan berpikir kritis peserta didik berkemampuan akademik berbeda di R-SMA-BI Negeri Batu / Lilik Ismiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi think pair share, reciprocal teaching, dan integrasinya terhadap hasil belajar kognitif biologi dan kemampuan berpikir kritis peserta didik berkemampuan akademik berbeda di R-SMA-BI Negeri Batu / Lilik Ismiati

Ismiati, Lilik (2011) Pengaruh strategi think pair share, reciprocal teaching, dan integrasinya terhadap hasil belajar kognitif biologi dan kemampuan berpikir kritis peserta didik berkemampuan akademik berbeda di R-SMA-BI Negeri Batu / Lilik Ismiati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D.(II) Prof.Dr. A. Duran Corebima M.Pd. Kata Kunci think pair share Reciprocal Teaching dan integrasinya hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kritis. Peningkatan hasil belajar dan pemberdayaan kemampuan berpikir kritis dapat dilakukan dengan menggunakan strategi pembelajaran yang memiliki karakteristik student centered. Penelitian ini menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share Reciprocal Teaching serta Integrasinya. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen semu (quasi experiment) yang bertujuan mengungkap pengaruh strategi pembelajaran (TPS RT dan Integrasi TPS RT) terhadap hasil belajar kognitif biologi dan kemampuan berpikir kritis peserta didik berkemampuan akademik tinggi dan berkemampuan akademik rendah kelas X di R-SMA-BI Batu. Penelitian dilakukan dengan menggunakan rancangan Pretes-postes Non-equivalent Control Droup Design versi factorial 4x2. Data dianalisis dengan ANACOVA pada taraf signifikansi 0 05. Jika menunjukkan nilai F hitung signifikan maka perlu dilanjutkan dengan uji beda. Sebelum dilakukan uji kovarian dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas X R-SMA-BI Batu dengan 9 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling dengan 4 kelas yang terdiri dari 1 kelas TPS 1 kelas Reciprocal Teaching 1 kelas integrasi TPS RT dan 1 kelas konvensional. Setiap kelas perlakuan telah dilakukan uji kesetaraan untuk memastikan bahwa sampel berada dalam kesetaraan. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar kognitif biologi peserta didik. Rata-rata terkoreksi hasil belajar kognitif biologi peserta didik dari tertinggi ke terendah berturut-turut adalah integrasi TPS RT RT TPS dan konvensional. Strategi TPS RT memiliki rata-rata terkoreksi 3 7% lebih tinggi dari RT 23 83% lebih tinggi dari TPS dan 42 42% lebih tinggi dari Konvensional. Sedangkan peningkatan hasil belajar kognitif tertinggi adalah menggunakan strategi RT sebesar 249%. 2) ada pengaruh strategi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik berturut-turut dari tertinggi ke terendah adalah strategi TPS RT RT TPS dan konvensional. Strategi TPS RT memiliki rata-rata kemampuan berpikir kritis 2 6% lebih tinggi dari RT 19 57% lebih tinggi dari TPS dan 41 09% lebih tinggi dari konvensional. Sedangkan strategi belajar yang memiliki peningkatan paling tinggi adalah RT yang meningkat sebesar 227 7%. 3) ada perbedaan antara hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kemampuan akademik tinggi dengan kemampuan akademik rendah di mana peserta didik dengan kemampuan akademik rendah memperoleh peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis lebih tinggi dibanding peserta didik dengan kemampuan akademik tinggi. 4) ada pengaruh antara integrasi strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik peserta didik terhadap hasil belajar kognitif biologi. Berturut-turut dari yang tertinggi ke yang terendah adalah strategi interaksi TPS RT-KB lebih tinggi 7 84% dari integrasi RT-KA 11 32% lebih tinggi dari integrasi RT-KB 11 98% lebih tinggi dari TPS RT 30 72% lebih tinggi dari interaksi TPS-KA 30 93% lebih tinggi dari interaksi TPS-KB 36 34% lebih tinggi dari interaksi konvensional-KA dan 68 01% lebih tinggi dari interaksi konvensional-KB. Interaksi RT-KA paling besar meningkatkan hasil belajar peserta didik. 5) ada pengaruh antara interaksi strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik peserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berturut-turut dari yang tertinggi peningkatannya sampai yang terendah adalah interaksi TPS RT-KA meningkat 10 55% lebih tinggi dari RT-KB 14 30% lebih tinggi dari RT-KA 21 10% lebih tinggi dari TPS RT-KA 30 13% lebih tinggi dari TPS-KA 24 17% lebih tinggi dari TPS-KB 40 17% lebih tinggi dari konvensional-KA 72 25% lebih tinggi dari Konvensional-KB. Peningkatan kemampuan berpikir kritis yang paling tinggi adalah yang menggunakan interaksi strategi RT-KB yaitu sebesar 303 4%. Strategi TPS RT dan integrasi TPS RT meningkatkan hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kritis. Strategi ini dapat melatih peserta didik untuk bekerja sama dan meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menyarankan memakai strategi TPS RT dan integrasinya serta memperhatikan perbedaan kemampuan akademik peserta didiknya melalui kerja kelompok belajar sehingga dapat mengurangi kesenjangan antara peserta didik berkemampuan akademik rendah dan tinggi agar hasil belajar kognitif dan kemampuan akademik yang lain dapat menyamai temannya yang berkemampuan akademik tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60323

Actions (login required)

View Item View Item