Penerapan asesmen autentik berbasis konstruktivisme untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar biologi di kelas X-1 SMAN 2 Malang / Ruchimah Achmad - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan asesmen autentik berbasis konstruktivisme untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar biologi di kelas X-1 SMAN 2 Malang / Ruchimah Achmad

Achmad, Ruchimah (2011) Penerapan asesmen autentik berbasis konstruktivisme untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar biologi di kelas X-1 SMAN 2 Malang / Ruchimah Achmad. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Biologi Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc Ph.D (II) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. Kata Kunci asesmen autentik berbasis konstruktivisme keterampilan proses hasil belajar. Asesmen memiliki peranan penting dalam pembelajaran. Penilitian ini me-neliti asesmen autentik berbasis konstruktivisme. Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan penerapan asesmen autentik berbasis konstruktivisme yang dapat meningkatkan keterampilan proses siswa X-1 SMAN 2 Malang dan 2) mendes-kripsikan penerapan asesmen autentik berbasis konstruktivisme yang dapat me-ningkatkan hasil belajar siswa X-1 SMAN 2. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di SMAN 2 Malang yang terletak di Jalan R.E Martadinata 84 Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2009-2010 pada materi Perubahan Lingkungan dan Pencemaran Lingkungan selama 8 kali pertemuan yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-1 SMAN 2 Malang semester genap tahun ajaran 2009/2010. Jumlah siswa laki-laki sebanyak 11 orang dan siswa perempuan berjumlah 23 orang. Prosedur penelitian dimulai dari peren-canaan penelitian pelaksanaan tindakan dan observasi dan refleksi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan asesmen autentik berba sis konstruktivisme dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa X-1 SMAN 2 Malang. Penerapan asesmen autentik untuk materi ling kungan pada siswa kelas X-1 SMAN 2 Malang tahun ajaran 2009/2010 SMAN 2 Malang telah memberikan bukti bahwa penerapan asesmen autentik berbasis konstruktivisme telah meningkatkan keterampilan proses sebesar 12 50% dan hasil belajar sebesar 20 59%. Saran yang dapat diajukan oleh peneliti sesuai dengan hasil penelitian adalah guru sepatutnya mempertimbangkan penerapan asesmen autentik berbasis konstruktivisme sebagai asesmen yang dapat mening katkan keterampilan proses dan hasil belajar guru hendaknya menerapkan asesmen autentik berbasis konstruktivisme dalam jangka waktu yang lebih lama agar dapat mengases keterampilan proses dan hasil belajar siswa (afektif kognitif psikomotorik) dengan baik sekolah hendaknya memberikan dukungan terhadap penerapan asesmen autentik berbasis konstruktivisme yang dilaksanakan oleh guru untuk memperbaiki mutu pendidikan di sekolah pemerintah hendaknya mampu mengatasi permasalahan pendidikan dalam proses pembelajaran khusus nya asesmen autentik berbasis konstruktivisme.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60318

Actions (login required)

View Item View Item