Pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan teknik praktikum pada materi pembelajaran sel terhadap motivasi dfan hasil belajar siswa kelas XII-IPA SMA Negeri 8 Malang / Cahyono Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan teknik praktikum pada materi pembelajaran sel terhadap motivasi dfan hasil belajar siswa kelas XII-IPA SMA Negeri 8 Malang / Cahyono Nugroho

Nugroho, Cahyono (2011) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan teknik praktikum pada materi pembelajaran sel terhadap motivasi dfan hasil belajar siswa kelas XII-IPA SMA Negeri 8 Malang / Cahyono Nugroho. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Inkuiri metode praktikum motivasi Siswa hasil belajar Pembelajaran sains / biologi tidak seharusnya hanya mendudukkan siswa sebagai pendengar ceramah dengan guru memerankan diri sebagai pengisi air informasi ke kepala siswa yang dianggap sebagai botol kosong yang perlu diisi dengan ilmu pengetahuan. Siswa harus diberdayakan agar mau dan mampu berbuat untuk memperkaya pengalaman belajarnya (learning to do) dengan meningkatkan interaksi lingkungan fisik dan sosialnya sehingga mampu membangun pemahaman dan pengetahuannya terhadap dunia sekitarnya (learning to know). penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan metode praktikum memfasilitasi siswa agar lebih mudah memahami pelajaran mengetahui bagaimana bentuk sel sebenarnya serta tahapan proses pembelahan sel dan akhirnya dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan teknik praktikum terhadap motivasi siswa pada materi pembelahan sel dengan menggunakan awetan basah pada proses spermatogenesis belalang 2) pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan tekniks praktikum terhadap hasil belajar siswa pada materi pembelahan sel dengan menggunakan awetan basah pada proses spermatogenesis belalang 3) bagaimana keterampilan siswa dalam proses pelaksanaan praktikum. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasy experimental design) dengan rancangan eksperimen yang digunakan adalah Non Random Pre-tes Post-test Kontrol Group untuk mengungkapkan hubungan sebab akibat dengan cara melibatkan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen Hasil penelitian pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan teknik praktikum terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa adalah sebagai berikut (1) Ada pengaruh Penerapan pembelajaran strategi inkuiri dengan teknik praktikum terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan teknik praktikum mempengaruhi hasil belajar sebesar 2 4% (2) Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dengan teknik praktikum dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan teknik praktikum memiliki nilai 8 54% dan 11 9% lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional. (3) Ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan teknik praktikum terhadap minat siswa terhadap belajar. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan teknik praktikum memiliki nilai 0 418% dan 0 412% lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional. (4) Ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan teknik praktikum terhadap perhatian siswa terhadap belajar. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan teknik praktikum memiliki nilai 0 767% dan 0 584% lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional. (5) Ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan teknik praktikum terhadap konsentrasi siswa terhadap belajar. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan teknik praktikum memiliki nilai 0 302% dan 0 445% lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional. (6) Ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan teknik praktikum terhadap ketekunan siswa terhadap belajar. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan teknik praktikum memiliki nilai 0 073% dan 0 372% lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional. (7) Ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan teknik praktikum terhadap motivasi belajar dan hasil belajar. Diperoleh kesimpulan bahwa semakin tinggi motivasi siswa semakin tinggi pula hasil belajar siswa. (8) Dengan penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan teknik praktikum siswa mengerti bentuk langsung dari sel-sel pada proses spermatogenesis dan tahapan-tahapan pembelahan sel. (9) Dengan penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan teknik praktikum siswa memiliki kemampuan dan keterampilan yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60317

Actions (login required)

View Item View Item