Rohmawati (2011) Pengaruh strategi pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis multimedia dan kemampuan akademik terhadap kemampuan pemecahan masalah, penguasaan konsep, sikap, dan keterampilan pengelolaan lingkungan siswa SMK Negeri 2 Bondowoso / Rohmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci PBL berbasis multimedia kemampuan pemecahan masalah penguasaan konsep sikap keterampilan pengelolaan lingkungan. Pendidikan yang mampu mendukung pembangunan di masa mendatang adalah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi siswa SMK sehingga yang bersangkutan mampu menghadapi dan memecahkan problema kehidupan yang dihadapinya khususnya di dunia kerja. Sementara pada sisi lain hasil observasi empirik di lapangan mengindikasikan bahwa sebagian besar lulusan SMK kurang mampu menyesuaikan diri dengan perubahan maupun perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sulit untuk bisa dilatih kembali dan kurang bisa mengembangkan diri (Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan 2004). Temuan tersebut tampaknya mengindikasikan bahwa pembelajaran di SMK perlu mengembangkan kemampuan adaptasi siswa di antaranya kemampuan pemecahan masalah. Selain kemampuan pemecahan masalah kemampuan penguasaan konsep berupa kemampuan ranah kognitif tingkat tinggi perlu dimiliki siswa karena diharapkan dapat mendukung kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Demikian pula aspek sikap perlu dikembangkan untuk mendukung kemampuan adaptasi siswa. Untuk meningkatkan kemampuan-kemampuan tersebut pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL) adalah jawabannya. Sebagai salah satu lembaga pendidikan kejuruan SMK Negeri 2 Bondowoso mengemban tugas untuk mengembangkan kemampuan adaptasi siswa melalui kelompok mata pelajaran adaptif. Permasalahannya adalah selama ini pembelajaran adaptif yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Bondowoso di antaranya mata pelajaran IPA Biologi masih berpusat kepada guru (teacher centered learning) kurang menekankan kepada aktivitas mental siswa sehingga belum dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah penguasaan konsep dan sikap siswa. Oleh karena itu implementasi strategi PBL dalam mata pelajaran IPA Biologi perlu dilakukan melalui langkah penelitian. Strategi pembelajaran PBL dalam penelitian ini diterapkan pada materi lingkungan dengan pertimbangan bumi semakin hari semakin rusak disebabkan oleh rendahnya kepedulian manusia terhadap lingkungannya. Pada umumnya materi lingkungan sering tidak dapat dihadirkan di dalam kelas sehingga penggunaan multimedia pada implementasi strategi pembelajaran PBL pada materi lingkungan sangat sesuai karena dapat menampilkan berbagai format. Materi lingkungan terkait erat dengan limbah sehingga aspek psikomotor berupa keterampilan pengelolaan lingkungan selayaknya dimiliki oleh siswa. Mengingat kelas atau rombongan belajar terdiri dari siswa dengan kemampuan akademik yang berbeda maka aspek heterogenitas kelas menjadi salah satu hal yang diperhatikan dalam penelitian ini. Dengan demikian langkah penelitian ini dianggap perlu untuk menguji pengaruh strategi PBL berbasis multimedia dan kemampuan akademik terhadap kemampuan pemecahan masalah penguasaan konsep sikap dan keterampilan pengelolaan lingkungan siswa SMK Negeri 2 Bondowoso. Penelitian ini dirancang menggunakan quasi eksperimental (eksperimen semu) dilaksanakan di SMK Negeri 2 Bondowoso pada siswa tingkat XI semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 dengan kelas XI A1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI A2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi pelaksanaan pembelajaran tes kemampuan pemecahan masalah tes kemampuan penguasaan konsep tes sikap lembar pengamatan kemampuan psikomotor dan lembar penilaian produk daur ulang limbah serta angket untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran PBL berbasis multimedia. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Anakova dilanjutkan dengan uji beda LSD (Least Significant Difference) sedangkan data pelaksanaan kegiatan daur ulang limbah serta data respons siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran PBL berbasis multimedia berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan penguasaan konsep siswa tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap siswa pada lingkungan. Kemampuan akademik berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah penguasaan konsep dan sikap siswa pada lingkungan. Interaksi antara strategi pembelajaran PBL berbasis multimedia dan kemampuan akademik tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah penguasaan konsep dan sikap siswa pada lingkungan.Rerata nilai keterampilan pengelolaan lingkungan siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran PBL berbasis multimedia lebih tinggi dibanding siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran konvensional. Respons siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran PBL berbasis multimedia sangat positif. Terkait kesimpulan tersebut maka peneliti menyarankan agar guru mengimplementasikan strategi PBL berbasis multimedia sebagai salah satu strategi pembelajaran IPA Biologi serta mata pelajaran lain di SMK. Karakteristik materi yang disarankan menggunakan strategi PBL yaitu mengandung unsur masalah yang menantang atau merangsang bersifat interdisipliner memungkinkan adanya penyelidikan autentik memungkinkan dihasilkan suatu karya (artefak) dan dipamerkan (exhibit) serta memberi peluang bekerja kolaboratif dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Bagi guru yang akan menerapkan strategi pembelajaran PBL berbasis multimedia agar mempertimbangkan kesiapan siswa kesiapan guru dan ketersediaan sumber belajar serta fasilitas yang akan digunakan dalam implementasi strategi pembelajaran PBL berbasis multimedia.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Mar 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60314 |
Actions (login required)
View Item |