Pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis ICT dengan strategi inkuiri pada materi virus dan monera terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangil Pasuruan / Abdul Basith - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis ICT dengan strategi inkuiri pada materi virus dan monera terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangil Pasuruan / Abdul Basith

Basith, Abdul (2011) Pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis ICT dengan strategi inkuiri pada materi virus dan monera terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangil Pasuruan / Abdul Basith. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran kontekstual ICT strategi inkuiri motivasi hasil belajar Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat pada abad 21 ini mengakibatkan perubahan peran guru yang semula sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan dalam proses pembelajaran menjadi fasilitator pembimbing konsultan dan kawan belajar. Pembelajaran diarahkan pada pembelajaran langsung oleh siswa waktu belajar lebih fleksibel dan mengutamakan kolaborasi. Kenyataan yang dihadapi oleh dunia pendidikan dewasa ini di Indonesia adalah adanya krisis paradigma berupa kesenjangan antara tujuan yang ingin dicapai dengan paradigma yang digunakan. Salah satu standar kompetensi mata pelajaran Biologi SMA kelas X dalam kurikulum 2004 adalah siswa memahami prinsip-prinsip pengelompokkan mahluk hidup. Indikator-indikator yang diharapkan yaitu siswa mendiskripsikan ciri-ciri dan struktur Virus dan Monera melalui pengamatan langsung di bawah mikroskop dan referensi mengidentifikasi macam-macam koloni mengklasifikasi kan membedakan dan menganalisa sifat Virus Eubachteria Archaebachteria dan Cyanobacteri menggali berbagai informasi melalui penugasan mendiskusikan berbagai peranan dan penyakit yang terjadi dalam kehidupan manusia. Untuk mencapai harapan tersebut perlu pemanfaatan sumber belajar dan teknologi ICT dengan menyediakan objek nyata dan memberikan pengalaman belajar yang kontekstual. Namun fakta di lapangan menunjukkan masih rendahnya kesadaran adanya kendala dan kurangnya kreatifitas guru sehingga kompetensi yang di harapkan pada siswa kurang tercapai secara optimal. Oleh sebab itu untuk mem perkecil kesenjangan dan menumbuhkan kreatifitas sehubungan dengan pencapaian kompetensi yang diharapkan pada siswa maka alternatif yang dapat ditempuh salah satunya adalah pembelajaran strategi inkuiri dan pemanfaatan teknologi komputer yaitu internet yang tersedia di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis ICTdengan strategi inkuiri terhadap hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan pretes dan postes kelompok tak setara atau faktorial 2x2 (the non-equivalent control group design). Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangil Pasuruan tahun pelajaran 2010-2011 berjumlah 48 siswa dengan strategi inkuiri pembelajaran kontekstual berbasis ICT. Pengambilan sampel dan penentuan perlakuan setiap kelompok dilakukan penunjukan berdasarkan prestasi jumlah nilai NUN SMP melalui data rekapitulasi jumlah nilai NUN SMP pada PSB SMAN 1 Bangil tahun pelajaran 2010-2011. Analisis data hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa menggunakan teknik analisis unvariat (Anakova) dan dilanjutkan dengan uji lanjut LSD dengan bantuan program SPSS versi 17.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan ICT dengan strategi inkuiri pada pembelajaran kontekstual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar biologi siswa pada materi virus dan monera. Pemanfaatan ICT dengan strategi inkuiri lebih berpengaruh dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif afektif dan psikomotor siswa khususnya materi virus-monera. Sebagian besar siswa menunjukkan perhatian yang sangat tinggi merasakan adanya keterkaitan percaya diri dan kepuasan yang positif terhadap penggunaan sumber media ICT dengan strategi inkuiri. Dalam pembelajaran ini tidak hanya mengutamakan kemampuan kognitif siswa tetapi mengkolaborasikan kemampuan afektif dan psikomotor. Berdasarkan hasil penelitian dapat diajukan beberapa saran yaitu (1) untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam kemampuan mengidentifikasi mem bedakan menjelaskan dasar-dasar pengelompokan (2) meningkatkan kompetensi siswa dalam kemampuan melakukan pengkajian tentang perkembangbiakan virus-monera peranan yang menguntungkan dan merugikan bagi kehidupan manusia (3) mendapatkan gambaran yang lengkap dan utuh tentang pembelajaran kontekstual berbasis ICT dengan strategi inkuiri terhadap motivasi dan hasil belajar siswa khususnya materi virus-monera maka dipandang perlu bagi peneliti lain untuk memperluas dan mengembangkan variabel penelitian Dari hasil analisis data dan hasil pembahasan dapat dibuat kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran kontekstual berbasis ICT dengan strategi inkuiri terhadap motivasi hasil belajar kognitif afektif dan psikomotor dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60313

Actions (login required)

View Item View Item