Peningkatan keterampilan berbahasa lisan melalui media gambar seri pada siswa kelas III SDN Senggreng 05 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Imro'atul Chusnia Afifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbahasa lisan melalui media gambar seri pada siswa kelas III SDN Senggreng 05 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Imro'atul Chusnia Afifah

Afifah, Imro'atul Chusnia (2015) Peningkatan keterampilan berbahasa lisan melalui media gambar seri pada siswa kelas III SDN Senggreng 05 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Imro'atul Chusnia Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afifah Imro atul Chusnia. 2015. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Lisan Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas III SDN Senggreng 05 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi S1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Taufiq M.Pd (II) Drs. Rumidjan M.Pd Kata kunci media gambar seri keterampilan berbahasa lisan SD. Hasil tes awal penelitian mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III semester II dengan materi berbicara yang dilakukan di SDN Senggreng 05 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang menunjukkan bahwa kemampuan berbicara mereka masih rendah. Siswa kurang berani mengungkapkan perasaan mereka sehingga mereka tidak dapat berbahasa lisan dengan baik. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III materi berbicara melalui penggunaan media gambar seri dimana gambar seri tersebut terdiri dari beberapa gambar yang harus diurutkan. Tujuan Penelitian ini (1) mendiskripsikan penerapan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan berbahasa lisan di kelas III SDN Senggreng 05 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang (2) mendiskripsikan peningkatan kemampuan berbahasa lisan siswa kelas III SDN Senggreng 05 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Observasi dan Penilaian (4) Refleksi disetiap siklusnya. Instrumen pada penelitian berupa (1) pedoman observasi (2) pedoman wawancara (3) dokumentasi dan (4) soal-soal tes. Subjek dalam penelitan ini yaitu seorang guru kelas III dan seluruh siswa kelas III SDN Senggreng 05 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hal ini ditandai dengan keberanian siswa untuk berbicara dengan jelas dan lantang didepan kelas. Penerapan media gambar seri pada kelas III mampu meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara. Hal ini terbukti pada pra tindakan dari 17 jumlah siswa hanya 3 siswa yang mau maju untuk berbicara di depan kelas itupun hanya asal. Rata-rata nilai siswa dari siklus I pertemuan pertama dan pertemuan ke dua rata-rata nilai kelas hanya48 68. Sedangkan pada siklus ke II rata-rata kelas dari pertemuan 1 dan pertemuan 2 adalah 81 32. Disarankan untuk peneliti lain dalam menerapkan media gambar seri menggunakan gambar yang berwarna dan menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6031

Actions (login required)

View Item View Item