Pengaruh pengembangan bahan ajar teori evolusi berbasis molekuler melalui pendekatan pembelajaran konstruktivisme model FC2P terhadap kemampuan berpikir kritis, pemahaman konsep dan sikap siswa SMA Negeri 3 Malang / Dwi Sulistiarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengembangan bahan ajar teori evolusi berbasis molekuler melalui pendekatan pembelajaran konstruktivisme model FC2P terhadap kemampuan berpikir kritis, pemahaman konsep dan sikap siswa SMA Negeri 3 Malang / Dwi Sulistiarini

Sulistiarini, Dwi (2010) Pengaruh pengembangan bahan ajar teori evolusi berbasis molekuler melalui pendekatan pembelajaran konstruktivisme model FC2P terhadap kemampuan berpikir kritis, pemahaman konsep dan sikap siswa SMA Negeri 3 Malang / Dwi Sulistiarini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Yusuf Abdurrajak. (II) Dr. agr.H. Moh. Amin M.Si. Kata kunci Evolusi Molekuler konstruktivisme kemampuan berpikir kritis pemahaman konsep sikap Teori evolusi merupakan salah satu konsep dasar dari biologi. Siswa sekolah menengah (SMA) dalam memahami Teori Evolusi sangat diperlukan karena untuk menghilangkan miskonsepsi dan sikap kontroversi yang banyak terjadi selama ini. Pendekatan bahan ajar teori evolusi dan pendekatan pembelajaran yang tepat sangat penting dilakukan oleh guru. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan kemampuan intelektual yang luar biasa pesatnya permasalahan-permasalahan terkait dengan miskonsepsi teori evolusi tersebut dapat dipecahkan melalui pendekatan molekuler. Saat ini biologi molekuler merupakan pendekatan paling rasional yang dapat digunakan untuk mempelajari teori evolusi. Miskonsepsi terhadap teori evolusi yang dialami siswa secara umum bersifat resisten dalam pembelajaran. Dalam hal ini siswa membutuhkan suatu pendekatan pembelajaran yang tepat agar pembelajaran menjadi lebih bermakna. Pendekatan konstruktivisme adalah pendekatan pembelajaran yang memandang bahwa siswa belajar sains dengan cara mengkonstruksi pengertian atau pemahaman baru tentang fenomena dari pengalaman yang telah dimiliki sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar Teori Evolusi pendekatan pembelajaran kemampuan akademik dan interaksi antara bahan ajar pendekatan pembelajaran dengan tingkat kemampuan akademik yang berbeda terhadap kemampuan berpikir kritis pemahaman konsep dan sikap siswa SMA Negeri 3 Malang. Penelitian ini dilakukan dengan 2 tahap pertama pembuatan bahan ajar kedua adalah quasi eksperimen yaitu 3 kelompok sampel diberi perlakuan yang berbeda dengan mempertimbangkan kemampuan akademik awal yang dilihat pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis pemahaman konsep dan sikap siswa. Perangkat pembelajaran yang disusun mengadaptasi model 4-D (Define Design Develop and Disseminate). Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah penyusunan perangkat pembelajaran yang dituangkan dalam silabus rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) bahan ajar siswa lembar kegiatan siswa (LKS). Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) Non-equivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis tes pilihan ganda untuk mengukur pemahaman konsep dan angket untuk mengukur sikap siswa. Data hasil penelitian eksperimen tersebut dianalisis dengan analisis kovariansi (Anakova) dimana hasil pre-test sebagai kovariat kemudian uji lanjut dilakukan dengan uji beda Least Significances Different (LSD). Analisis statistik dibantu dengan software SPSS 14 for Windows dilakukan dengan taraf signifikansi 0 05 (p

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60304

Actions (login required)

View Item View Item