Bahri, Arsad (2010) Pengaruh strategi pembelajaran reading questioning and answering (RQA) pada perkuliahan fisiologi hewan terhadap kesadaran metakognitif, keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makasar / Arsad Bahri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci RQA metakognitif hasil belajar kognitif Strategi perkuliahan di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar masih didominasi oleh strategi pembelajaran konvensional yang belum mampu mengoptimalkan hasil belajar mahasiswa dan belum mengupayakan untuk memberdayakan kemampuan metakognitif mahasiswa. Hal ini berdampak terhadap kemampuan kognitif mahasiswa cenderung rendah karena mahasiswa belum terlatih menjadi pebelajar yang mandiri. Oleh karena itu diperlukan suatu strategi pembelajaran yang memberdayakan kemampuan berpikir mahasiswa yang berimplikasi pada peningkatan hasil belajarnya. Strategi pembelajaran RQA sebagai suatu strategi konstruktivistik yang baru dikembangkan dan belum ada penelitian yang mengkaji potensi strategi pembelajaran RQA secara terukur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kemampuan akademik dan interaksi strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik terhadap kesadaran metakognitif keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM pada mata kuliah Fisiologi Hewan serta tanggapan mahasiswa terhadap penerapan strategi pembelajaran RQA pada mata kuliah Fisiologi Hewan. Penelitian ini adalah quasi eksperimen yaitu dua sampel diberi perlakuan strategi pembelajaran berbeda dengan mempertimbangkan kemampuan akademik awal lalu dilihat pengaruhnya terhadap kesadaran dan keterampilan metakognitf serta hasil belajar kognitif mahasiswa. Desain yang digunakan adalah Pretest-postest Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket MAI tes uraian untuk mengukur keterampilan metakognitif (menggunakan rubrik) dan hasil belajar kognitif mahasiswa serta angket tanggapan mahasiswa terhadap proses perkuliahan. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial (statistik Anacova dengan bantuan program SPSS 13 0 for Windows dilakukan dengan taraf signifikansi 5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap kesadaran metakognitif keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Ada perbedaan signifikan antara kesadaran metakognitif mahasiswa yang diajar dengan multistrategi 4 89% lebih tinggi dibandingkan dengan RQA. Perbedaan signifikan juga terlihat antara skor keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif mahasiswa yang diajar dengan RQA masing-masing 22 77% dan 12 57% lebih tinggi dibandingkan dengan multistrategi (2) tidak ada pengaruh kemampuan akademik terhadap kesadaran metakognitif tetapi berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Ada perbedaan signifikan antara keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif mahasiswa berkemampuan akademik tinggi masing-masing 30 82% dan 18 01% lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa berkemampuan akademik rendah. (3) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik terhadap kesadaran metakognitif tetapi berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Perbedaan signifikan terlihat pada skor keterampilan metakognitif pada kombinasi RQA dan kemampuan akademik rendah 14 85% lebih tinggi daripada kombinasi mutistrategi dan kemampuan akademik rendah kombinasi multistrategi dan kemampuan akademik tinggi 10 48% lebih tinggi daripada kombinasi RQA dan kemampuan akademik rendah dan kombinasi RQA dan kemampuan akademik tinggi 27 85% lebih tinggi dari pada kombinasi multistrategi dan kemampuan akademik tinggi. Perbedaan signifikan juga terlihat pada skor hasil belajar kognitif pada kombinasi RQA dan kemampuan akademik rendah 23 13% lebih tinggi dari pada kombinasi multistrategi dan kemampuan akademik rendah dan kombinasi RQA dan kemampuan akademik tinggi 8 65% lebih tinggi dari pada kombinasi RQA dan kemampuan akademik rendah (4) Hasil pengukuran kesadaran metakognitif dengan menggunakan angket MAI memperlihatkan penurunan skor dari pretes ke postes yang mengindikasikan bahwa angket MAI tidak mampu merekam dengan baik kesadaran metakognitif mahasiswa dan (5) tanggapan mahasiswa terhadap perkuliahan yaitu perkuliahan Fisiologi Hewan terasa lebih menyenangkan tidak membosankan mampu meningkatkan kemampuan berpikir membuat mahasiswa mampu mengatur dan mengevaluasi cara belajarnya dan mampu menyadarkan mahasiswa untuk belajar lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pengajar menerapkan strategi pembelajaran yang menekankan pada perkembangan kognitif dan aspek metakognitif untuk membentuk mahasiswa menjadi pebelajar yang mandiri mengimplementasikan strategi pembelajaran RQA pada perkuliahan yang lain mempertimbangkan aspek kemampuan akademik dalam pemilihan strategi agar dapat memberdayakan mahasiswa berkemampuan akademik tinggi dan akademik rendah dan sebaiknya memanfaatkan achievement test dengan menggunakan rubrik untuk mengukur keterampilan metakognitif mahasiswa serta perlu dilakukan penelitian tentang potensi strategi RQA lainnya. 8195
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60299 |
Actions (login required)
View Item |