Pembelajaran metakognitif pada strategi pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) dan pengaruhnya terhadap keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif sains biologi pada siswa SMP swasta di kota Kupang / Florentina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran metakognitif pada strategi pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) dan pengaruhnya terhadap keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif sains biologi pada siswa SMP swasta di kota Kupang / Florentina

Sepe, Florentina Y. (2010) Pembelajaran metakognitif pada strategi pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) dan pengaruhnya terhadap keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif sains biologi pada siswa SMP swasta di kota Kupang / Florentina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metakognitif TAI berpikir kritis hasil belajar. Keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis merupakan dua hal penting yang perlu diberdayakan dalam pembelajaran. Untuk memberdayakan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi metakognitif merupakan strategi belajar berbasis metakognisi yang dapat diajarkan secara terpisah maupun dapat diinfusikan ke dalam strategi pembelajaran lainnya sedangkan strategi pembelajaran TAI merupakan bagian dari pembelajaran kooperatif yang menekankan pembelajaran pada prinsip Scaffolding. Dengan demikian kedua strategi pembelajaran dapat diajarkan secara bersama-sama melalui penggabungan sintaks pembelajaran. Survei analisis kebutuhan yang dilakukan pada guru biologi pada SMP Swasta di Kota Kupang menunjukkan bahwa 100% guru biologi belum mengenal bahkan menerapkan strategi metakognitif dalam pembelajaran dan 100% guru biologi juga belum mengenal dan menerapkan strategi TAI. Berdasarkan karakteristik pembelajaran metakognitif dan TAI maka penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan perangkat pembelajaran metakognitif dengan menginfusikan strategi metakognitif (self assessing) ke dalam strategi pembelajaran kooperatif TAI 2) menguji efektifitas strategi pembelajaran terhadap keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa SMP Swasta di Kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 1) penelitian survei untuk mengetahui karakteristik guru dan pembelajaran biologi pada SMP swasta di Kota Kupang 2) penelitian pengembangan dengan model 4D (define design develop dan disseminate) untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis metakognitif dan kooperatif. 3) penelitian eksperimen dengan model pretest-postest Non-equivalent Control Group Design dengan menggunakan rancangan faktorial 3 x 2 untuk melihat pengaruh strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Hasil penelitian eksperimen menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan metakognitif siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran TAI M lebih tinggi 5 820% dari rata-rata keterampilan metakognitif siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran TAI dan 10 532% dari rata-rata keterampilan metakognitif siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran konvensional. Rata-rata terkoreksi keterampilan metakognitif siswa berkemampuan akademik tinggi lebih tinggi 6 261% dari rata-rata terkoreksi keterampilan metakognitif siswa berkemampuan akademik rendah. Rata-rata terkoreksi keterampilan metakognitif siswa berkemampuan akademik tinggi yang belajar dengan strategi pembelajaran TAI M berbeda nyata dan lebih tinggi 11 69% dari rata-rata terkoreksi keterampilan metakognitif siswa berkemampuan akademik tinggi yang belajar dengan strategi pembelajaran konvensional serta 12 33% dari rata-rata terkoreksi keterampilan metakognitif siswa berkemampuan akademik rendah yang belajar dengan strategi pembelajaran TAI dan 15 90% dari rata-rata terkoreksi keterampilan metakognitif siswa berkemampuan akademik rendah yang belajar dengan strategi pembelajaran konvensional. Terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Rata-rata terkoreksi kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran TAI lebih tinggi 5 435% dari rata-rata terkoreksi kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran konvensional. Demikian pula dengan strategi TAI M rata-rata terkoreksi kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran TAI M lebih tinggi 4 823% dari rata-rata terkoreksi kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran TAI dan 9 995% dari rata-rata terkoreksi kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran konvensional. Rata-rata terkoreksi kemampuan berpikir kritis siswa berkemampuan akademik tinggi lebih tinggi 5 63% dari rata-rata terkoreksi kemampuan berpikir kritis siswa berkemampuan akademik rendah. Rata-rata terkoreksi skor kemampuan berpikir kritis siswa berkemampuan akademik tinggi yang belajar dengan strategi pembelajaran TAI M adalah sebesar 75 617 Rata-rata terkoreksi hasil belajar kognitif siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran TAI M sebesar 76 415. Rata-rata terkoreksi hasil belajar kognitif siswa berkemampuan akademik tinggi lebih tinggi 6 24% dari rata-rata terkoreksi hasil belajar kognitif siswa yang berkemampuan akademik rendah. Rata-rata terkoreksi hasil belajar kognitif siswa berkemampuan akademik tinggi yang belajar dengan strategi pembelajaran TAI M adalah sebesar 78 309. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) strategi pembelajaran TAI M efektif meningkatkan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa dan 2) strategi pembelajaran TAI M efektif diterapkan pada siswa berkemampuan akademik tinggi maupun akademik rendah. Dengan demikian disarankan kepada para guru biologi pada SMP Swasta di Kota Kupang agar dapat menggunakan strategi pembelajaran TAI M yang merupakan strategi pembelajaran berbasis metakognitif dan berpikir.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60296

Actions (login required)

View Item View Item