Pengaruh penerapan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan model pembelajaran think pair share (TPS) dan strategi arias terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif pada siswa kelas X SMA Laboratorium UM Malang / Suyanik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan model pembelajaran think pair share (TPS) dan strategi arias terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif pada siswa kelas X SMA Laboratorium UM Malang / Suyanik

Suyanik (2010) Pengaruh penerapan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan model pembelajaran think pair share (TPS) dan strategi arias terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif pada siswa kelas X SMA Laboratorium UM Malang / Suyanik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suyanik. 2010. Pengaruh Penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) dengan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Strategi ARIAS terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif pada Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Magister (S2) Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. Kata Kunci PBMP TPS ARIAS kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif. Peningkatan kualitas pendidikan melalui pembelajaran tidak terlepas dari upaya memberdayakan potensi siswa sebagai peserta didik dan sebagai bagian dari masyarakat belajar. Proses pembelajaran di sekolah saat ini sedapat mungkin dilaksanakan dan dikembangkan berdasarkan strategi pembelajaran yang meng-aktifkan siswa. Sejalan dengan upaya tersebut perlu penerapan strategi yang efektif dan mengaktifkan siswa sehingga siswa dapat menemukan hubungan antara informasi-informasi yang mereka pelajari. PBMP merupakan suatu strategi pembelajaran yang dikembangkan oleh Corebima dari Universitas Negeri Malang. Strategi ini dikombinasikan dengan model pembelajaran TPS yang dikembangkan oleh Lyman di University of Maryland tahun 1985 sedangkan ARIAS merupakan suatu strategi pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk berprestasi dan meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh penerapan PBMP dengan model pembelajaran TPS dan strategi ARIAS terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif 2) mengetahui pengaruh kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif 3) mengetahui pengaruh interaksi antara penerapan PBMP dengan model pembelajaran kooperatif TPS dan strategi ARIAS dengan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa di kelas X SMA Laboratorium UM Malang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Desain penelitiannya pretes-postes Nonequivalent Control Group Design. Sampel ditentukan secara purpose sampling dan dihasilkan dua kelas dengan 41 siswa untuk kelas eksperimen dan 40 siswa untuk kelas kontrol. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis kovarian (anakova) dengan melakukan kontrol terhadap nilai pretes masing-masing variabel terikat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan PBMP dengan Model Pembelajaran TPS dan strategi ARIAS berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X SMA Laboratorium UM Malang 2) penerapan PBMP dengan Model Pembelajaran TPS dan strategi ARIAS berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa di kelas X SMA Laboratorium UM Malang 3) kemampuan akademik berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X SMA Laboratorium UM Malang 4) kemampuan akademik tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa di kelas X SMA Laboratorium UM Malang 5) interaksi antara penerapan PBMP dengan Model Pembelajaran Kooperatif TPS dan strategi ARIAS dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X SMA Laboratorium UM Malang 6) interaksi antara penerapan PBMP dengan Model Pembelajaran Kooperatif TPS dan strategi ARIAS dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa di kelas X SMA Laboratorium UM Malang. Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan penelitian ini penerapan strategi baru dalam pembelajaran hendaknya memotivasi siswa dalam merencanakan mengontrol dan mengevaluasi hasil belajarnya (melakukan metakognisi) sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Penerapan PBMP dengan Model Pembelajaran TPS dan strategi ARIAS berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif pada materi Protista dan Jamur sehingga disarankan dapat diterapkan pada materi yang lainnya. Strategi ARIAS juga layak diintegrasikan pada semua strategi pembelajaran. Indikator hasil belajar kognitif yang mengalami peningkatan cukup tinggi yaitu ranah kognitif C1 C2 dan C3 oleh karena itu dalam proses pembelajaran di kelas X SMA Lab UM disarankan untuk lebih menekankan pada peningkatan ranah kognitif C4 C5 dan C6. Dengan temuan ini hendaknya sekolah memfasilitasi dan mendukung guru-gurunya dengan menerapkan Lesson Study berbasis sekolah sehingga proses pembelajaran semakin meningkat mutunya. Pemerintah daerah melalui dinas pendidikan hendaknya memfasilitasi proses deseminasi dan sosialisasi temuan penelitian ini ke sekolah-sekolah lainnya. Untuk menghindari kejenuhan siswa selama implementasi PBMP dengan Model Pembelajaran TPS dan strategi ARIAS perlu dipertimbangkan jumlah pertanyaan dalam lembar PBMP lamanya penelitian dan integrasi PAIKEM dalam pembelajarannya. Pada penelitian ini hasil belajar yang diukur dan dinalisis masih terbatas pada hasil belajar ranah kognitif dan kemampuan berpikir kritis oleh karena itu disarankan pada kesempatan lain agar diukur pula ranah afektif dan psikomotorik. Penlitian tentang penerapan Pola PBMP dengan model pembelajaran TPS dan strategi ARIAS disarankan agar menggunakan penelitian yang menggabungkan jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif. Bagi mahasiswa calon guru perangkat pembelajaran dan penerapan strategi pembelajaran yang telah dikembangkan dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan untuk menemukan ide baru dan strategi baru dalam meningkatkan mutu pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60287

Actions (login required)

View Item View Item