Dampak faktor latar belakang pendidikan, pengalaman pelatihan, beban kerja, pengalaman mengajar, dan kemampuan kognitif guru terhadap keprofesionalan guru biologi tentang laboratorium pada sekolah menengah atas (SMA) di Kabupaten Aceh Besar / Amir Hamzah - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak faktor latar belakang pendidikan, pengalaman pelatihan, beban kerja, pengalaman mengajar, dan kemampuan kognitif guru terhadap keprofesionalan guru biologi tentang laboratorium pada sekolah menengah atas (SMA) di Kabupaten Aceh Besar / Amir Hamzah

Hamzah, Amir (2010) Dampak faktor latar belakang pendidikan, pengalaman pelatihan, beban kerja, pengalaman mengajar, dan kemampuan kognitif guru terhadap keprofesionalan guru biologi tentang laboratorium pada sekolah menengah atas (SMA) di Kabupaten Aceh Besar / Amir Hamzah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hamzah Amir. 2010. Dampak faktor latar belakang pendidikan pengalaman pelatihan beban kerja pengalaman mengajar dan kemampuan kognitif guru terhadap keprofesionalan guru biologi tentang laboratorium pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Aceh Besar. Tesis Jurusan Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. (II) Dr. Hedi Sutomo S.U. Kata kunci latar belakang pendidikan pengalaman pelatihan beban kerja peng- alaman mengajar kemampuan kognitif keprofesionalan guru biologi laboratorium. Upaya meningkatkan kualitas dan keprofesionalan guru merupakan sebuah keharusan bagi setiap guru seiring dengan perubahan kurikulum yang mensyaratkan siswa menjadi subyek aktif dalam sebuah proses pembelajaran. Keprofesionalan guru tentang laboratorium menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan. Permasalahan yang sedang dihadapi di Aceh Besar sekarang ini adalah kurang memadainya per- alatan laboratorium serta rendahnya sumberdaya manusia khususnya guru. Keadaan tersebut menyebabkan pelaksanaan pembelajaran di sekolah kurang efektif. Ke- kurangefektifan pelaksanaan pembelajaran berakibat menurunnya kualitas pendidi- kan. Rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah sebagai beri- kut (1) Adakah dampak faktor latar belakang pendidikan pengalaman pelatihan beban kerja pengalaman mengajar dan kemampuan kognitif guru secara bersama-sama terhadap keprofesionalan guru biologi tentang laboratorium pada SMA di Kabupaten Aceh Besar (2) Manakah dari dampak faktor latar belakang pendidikan pengalaman pelatihan beban kerja pengalaman mengajar dan kemampuan kognitif guru yang paling berdampak terhadap keprofesionalan guru biologi tentang labora- torium pada SMA di Kabupaten Aceh Besar Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional kausal dengan mengguna- kan pendekatan Ex post facto. Variabel bebas yang dilibatkan dalam penelitian ini meliputi latar Belakang Pendidikan Guru Biologi Pengalaman Pelatihan Beban Kerja Pengalaman Mengajar dan Kemampuan Kognitif Guru Biologi tentang Labo- ratorium sedangkan Keprofesionalan Guru Biologi tentang Laboratorium sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru PNS yang mengajar biologi. Responden berjumlah 54 orang dan SMA Negeri yang terdapat di Aceh Besar sebanyak 19 sekolah. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian adalah berupa tes dan angket. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu penyebaran angket latar belakang pendidikan guru biologi pengalaman pelatihan beban kerja dan pengalaman mengajar tes kemampuan kognitif tentang labora- torium penyebaran angket keprofesionalan guru biologi tentang laboratorium tes penguasaan landasan pendidikan tes penguasaan bahan pembelajaran dan tes pelaksanaan program pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan regresi ganda dengan taraf signifikansi p 0 05. Hasil analisis regresi ganda terungkap bahwa lima variabel bebas (latar belakang pendidikan pengalaman pelatihan beban kerja pengalaman mengajar dan kemampuan kognitif guru) tersebut secara bersama-sama mempunyai dampak yang cukup dan sangat signifikan terhadap keprofesionalan guru biologi tentang labora- torium (R 0 66 p 0 000). Dengan demikian hipotesis yang menyatakan ada dampak latar belakang pendidikan pengalaman pelatihan beban kerja pengalaman mengajar dan kemampuan kognitif guru secara bersama-sama terhadap keprofesi- onalan guru biologi tentang laboratorium diterima. Terungkap bahwa besarnya dampak 5 variabel bebas (latar belakang pendidikan pengalaman pelatihan beban kerja pengalaman mengajar dan kemampuan kognitif guru) tersebut berdampak sebesar 43 60% terhadap keprofesionalan guru biologi tentang laboratorium. Hal ini dapat dilihat dari koefisien determinasi (R square) yaitu sebesar 0 44. Dengan demikian faktor lain yang juga ikut berdampak terhadap keprofesionalan guru tentang laboratorium masih sebesar 56 40%. Hasil uji lanjut dengan metode stepwise terungkap bahwa 2 variabel bebas (latar belakang pendidikan dan kemampuan kognitif guru) tersebut secara bersama-sama mempunyai dampak yang cukup dan sangat signifikan terhadap keprofesionalan guru biologi tentang laboratorium (R 0 63 p 0 000). Dengan demikian hipotesis yang menyatakan ada dampak latar belakang pendidikan dan kemampuan kognitif guru secara bersama-sama terhadap keprofesionalan guru biologi tentang laboratorium diterima. Terungkap bahwa besarnya dampak 2 variabel bebas (latar belakang pendidikan dan kemampuan kognitif guru) tersebut berdampak sebesar 40 00% terhadap keprofesionalan guru biologi tentang laboratorium. Hal ini dapat dilihat dari koefisien determinasi (R square) yaitu sebesar 0 40. Dengan demikian faktor lain yang juga ikut berdampak terhadap keprofesionalan guru tentang laboratorium masih sebesar 60 00%. Sum- bangan efektif masing-masing variabel bebas yang berpengaruh secara signifikan yaitu kemampuan kognitif guru biologi tentang laboratorium menunjukkan sumbang- an efektif yang paling besar yaitu sebesar 20 70% sedangkan variabel latar belakang pendidikan sebesar 4 30%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Ada dampak yang cukup dan sangat signifikan faktor latar belakang pendidikan pengalaman pelatihan beban kerja pengalaman mengajar dan kemampuan kognitif guru secara bersama-sama terhadap keprofesionalan guru biologi tentang labora- torium pada SMA di Kabupaten Aceh Besar. (2) Dampak yang paling efektif ter-hadap keprofesionalan guru biologi tentang laboratorium pada SMA di Kabupaten Aceh Besar adalah kemampuan kognitif guru. Bagi pemerintah daerah kabupaten Aceh Besar agar lebih meningkatkan lagi proses penyekolahan guru ke tingkat yang lebih tinggi agar mutu pendidikan dapat ditingkatkan. Kepada penyelenggara pen- didikan agar dapat lebih meningkatkan kuantitas dan kualitas pelatihan labora- torium agar para guru dapat lebih meningkatkan kompetensinya tentang laboratori- um. Kualitas model pelatihan laboratorium hendaknya merujuk pada kurikulum yang ada di sekolah sehingga para guru dapat langsung mempraktekannya disekolah. Kepada para guru agar tidak hanya mengejar target kognitif tetapi hendaknya juga memperhatikan kompetensi psikomotor siswa dengan memanfaatkan fasilitas labora- torium sehingga dapat memenuhi jumlah jam minimal yang ditetapkan yaitu 24 jam. Pengalaman yang diperoleh seseorang selama melaksanakan tugas diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kerjanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60286

Actions (login required)

View Item View Item