Pengaruh penerapan strategi pembelajaran numbered heads together (NHT) dan numbered heads together (NHT) + metakognitif terhadap pemahaman konsep dan keterampilan metakognitif siswa kelas X SMA N.1 dan SMA N. 2 Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan / Abdiel Ranesaro Saruma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan strategi pembelajaran numbered heads together (NHT) dan numbered heads together (NHT) + metakognitif terhadap pemahaman konsep dan keterampilan metakognitif siswa kelas X SMA N.1 dan SMA N. 2 Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan / Abdiel Ranesaro Saruma

Sarumaha, Abdiel Ranesaro (2009) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran numbered heads together (NHT) dan numbered heads together (NHT) + metakognitif terhadap pemahaman konsep dan keterampilan metakognitif siswa kelas X SMA N.1 dan SMA N. 2 Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan / Abdiel Ranesaro Saruma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sarumaha Abdiel. 2009. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Numbered Heads Together (NHT) Metakognitif Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas X SMA N. 1 dan SMA N. 2 Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Tesis Jurusan Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. A.D. Corebima M.Pd. (II) Dr. Agr. Mohamad Amin S.Pd M.Si. Kata kunci strategi pembelajaran nht nht metakognitif multistrategi pemahaman konsep keterampilan metakognitif Pelaksanaan pembelajaran khususnya di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Telukdalam Kabupaten Nias Selatan masih berorientasi pada guru. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti menyimpulkan bahwa proses pembelajaran berlangsung kurang efektif. Hal ini disebabkan karena guru kurang perencanaan dan penguasaan terhadap strategi-strategi pembelajaran dan guru sebagai pentransfer informasi atau pengetahuan kepada siswa sehingga tidak tercipta pembelajaran yang aktif dan kreatif mandiri dan bermakna. Dalam menyikapi situasi tersebut peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian tentang pengaruh penerapan strategi pembelajaran NHT dan NHT M terhadap pemahaman konsep dan keterampilan metakognitif siswa. Penerapan strategi pembelajaran ini diyakini mampu membangun interaksi sosial antar pebelajar mampu bertanggung jawab mandiri dan mampu menata dan mengembangkan pengetahuannya dengan cara melatih diri dalam menyelesaikan masalah. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran NHT dan NHT metakognitif terhadap pemahaman konsep siswa 2) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran NHT dan NHT metakognitif terhadap keterampilan metakognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experiment) dengan menggunakan rancangan pre-test and post-test group yang terdiri atas perlakuan I yaitu strategi pembelajaran NHT dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 2 Telukdalam dan perlakuan II yaitu NHT metakognitif dilaksanakan di kelas X-1 SMA Negeri 1 Telukdalam. Kontrolnya adalah multistrategi yang berorientasi pada siswa dan bersifat menyenangkan dilaksanakan di kelas X-5 SMA Negeri 1 Telukdalam dimana subjek terbentuk secara wajar (alamiah) sejak awal. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda sebanyak 50 item untuk pemahaman konsep dan tes essay sebanyak 10 item dengan rubrik untuk keterampilan metakognitif siswa. Tes yang dilaksanakan berupa tes awal (pre-tes) sebelum penerapan strategi pembelajaran dan tes akhir (post-tes) sesudah penerapan strategi pembelajaran. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) penerapan strategi pembelajaran berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa dengan menggunakan tes pilihan ganda. Rata-rata nilai terkoreksi secara berturut-turut dari yang tertinggi hingga terendah adalah NHT M disusul dengan multistrategi dan NHT. Dari data yang diperoleh dapat dinyatakan bahwa strategi pembelajaran NHT M memiliki perbedaan yang sangat nyata bila dibandingkan dengan kedua strategi pembelajaran lainnya sedangkan strategi pembelajaran NHT dan multistrategi tidak memiliki perbedaan yang nyata dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. (2) penerapan strategi pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif siswa menggunakan tes essay dengan rubrik. Rata-rata nilai terkoreksi secara berturut-turut dari yang tertinggi hingga terendah adalah NHT M disusul dengan Multistrategi dan NHT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ke-3 strategi pembelajaran tersebut memiliki perbedaan yang nyata terhadap peningkatan keterampilan metakognitif siswa. Bertitik tolak dari temuan penelitian ini beberapa saran yang dapat digunakan dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan metakognitif siswa antara lain 1) pembelajaran yang dilaksanakan sebaiknya lebih mengarah pada perkembangan metakognitif siswa melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif yang diintegrasikan dengan strategi metakognitif 2) pembelajaran sebaiknya berorientasi pada siswa agar dapat membangun pemahamannya (learning) dengan jalan merangkai pengalaman yang telah dimiliki dengan pengalaman baru yang dijumpai guru berperan sebagai fasilitator mediator dan evaluator 3) agar pembelajaran lebih menyenangkan maka pembelajaran bersifat inovatif dengan cara mengakomodir setiap karakteristik diri siswa melalui keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran 4) perlu adanya perencanaan dan persiapan pembelajaran yang dilakukan oleh guru agar proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai 5) pembagian kelompok sebaiknya bersifat heterogen dan posisi tempat duduk sebaiknya telah dirancang sebelum pelaksanaan kegiatan pembelajaran agar tidak mengganggu alokasi waktu yang telah ditentukan dan 6) sebelum kegiatan pembelajaran sebaiknya guru memotivasi siswa melalui pertanyaan-pertanyaan pendahuluan agar perhatian siswa dapat terfokus pada materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60284

Actions (login required)

View Item View Item