Pengaruh pembelajaran diagram roundhouse melalui kooperatif CIRC terhadap hasil belajar biologi dan ketrerampilan metakognitif siswa kelas XI IPA SMA Laboratorium UM / Yuni Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran diagram roundhouse melalui kooperatif CIRC terhadap hasil belajar biologi dan ketrerampilan metakognitif siswa kelas XI IPA SMA Laboratorium UM / Yuni Wibowo

Wibowo, Yuni (2009) Pengaruh pembelajaran diagram roundhouse melalui kooperatif CIRC terhadap hasil belajar biologi dan ketrerampilan metakognitif siswa kelas XI IPA SMA Laboratorium UM / Yuni Wibowo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wibowo Yuni. 2008. Pengaruh Pembelajaran Diagram Roundhouse Melalui Kooperatif CIRC terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas XI IPA SMA Laboratorium UM. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Magister (S2) Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Dr. Hedi Sutomo S.U. Kata kunci diagram roundhouse kooperatif CIRC hasil belajar kemampuan kognitif kemampuan afektif keterampilan metakognitif Kualitas pembelajaran dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang penting adalah proses pembelajaran yang diterapkan guru di sekolah. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada tingkat dasar dan menengah menurut kurikulum 2007/2008 mensyaratkan perlunya perubahan paradigma pembelajaran. Perubahan yang terjadi adalah guru harus mampu merubah perannya dari seorang pemimpin di kelas menjadi seorang fasilitator moderator pembimbing dan kawan belajar bagi siswa. Selain itu konsep yang dipelajari secara sepotong-sepotong cenderung dihafal oleh siswa sehingga mudah dilupakan oleh siswa. Lebih lanjut konsep yang masuk dan dapat disimpan dalam memori jangka panjang akan lebih lama diingat oleh siswa. Terdapat suatu teknik belajar untuk menyimpan konsep dalam memori jangka panjang dan menguasai konsep secara menyeluruh. Teknik belajar ini disebut diagram roundhouse. Teknik belajar diagram roundhouse menggabungkan teknik pengkodean dan pengaitan antara konsep-konsep dalam bentuk lingkaran. Lingkaran dibagi menjadi 7 juring dengan kurva S pada tengah lingkaran. Setiap juring mengandung suatu konsep yang disusun dalam suatu urutan searah jarum jam. Penerapan Teknik belajar diagram roundhouse di kelas perlu diaplikasikan dengan metode pembelajaran yang lain. Metode pembelajaran kooperatif CIRC dipandang merupakan metode yang tepat untuk mengaplikasikan teknik belajar diagram roundhouse karena metode kooperatif CIRC menitikberatkan pada kemampuan membuat rangkuman sementara teknik belajar diagram roundhouse merupakan suatu teknik untuk merangkum materi pelajaran dengan cara membuat kode-kode visual dan parafrase dalam bentuk diagram melingkar. Keberhasilan belajar siswa tidak dapat dilepaskan dari keterampilan metakognitif. Keterampilan metakognitif merupakan suatu bentuk keterampilan siswa untuk memikirkan bagaimana dia belajar. Melalui keterampilan metakognitif siswa dapat memperbaiki keterampilan belajarnya. Maka dalam jangka waktu yang lama siswa akan berhasil dalam belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran dengan menggunakan diagram roundhouse melalui kooperatif CIRC terhadap hasil belajar biologi dan keterampilan metakognitif. Lebih lanjut hasil belajar yang diukur pada penelitian ini meliputi kemampuan kognitif dan kemampuan afektif siswa kelas XI IPA SMA laboratorium UM. Penelitian ini termasuk kuasi eksperimen dengan menggunakan Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Laboratorium UM yang sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini. Penetapan kelas eksperimen dengan kelas kontrol dilakukan secara acak. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan kognitif kuesioner sikap siswa terhadap materi pelajaran lembar inventori keterampilan metakognitif dan lembar kuesioner respons siswa terhadap strategi yang dikembangkan. Hasil analisis data penelitian dengan menggunakan analisis univariat (anakova) terhadap kemampuan kognitif siswa menunjukkan nilai F hitung 15 683 dengan nilai signifikansi 0 000. Lebih lanjut berarti terdapat pengaruh strategi pembelajaran dengan menggunakan diagram roundhouse melalui kooperatif CIRC terhadap kemampuan kognitif siswa kelas XI IPA SMA Laboratorium UM. Sementara itu hasil uji analisis data kemampuan afektif diperoleh nilai F hitung 0 064 dengan nilai signifikansi 0 801. Lebih lanjut berarti tidak ada pengaruh strategi pembelajaran dengan menggunakan diagram roundhouse melalui kooperatif CIRC terhadap kemampuan afektif siswa kelas XI IPA SMA Laboratorium UM. Sedangkan hasil uji analisis data keterampilan metakognitif diperoleh nilai F hitung 7 87 dengan nilai signifikansi 0 007. Namun demikian berdasarkan nilai mean menunjukkan bahwa keterampilan metakognitif kelas kontrol lebih tinggi daripada kelas eksperimen. Berarti tidak terdapat pengaruh strategi pembelajaran dengan menggunakan diagram roundhouse melalui kooperatif CIRC terhadap keterampilan metakognitif siswa kelas XI IPA SMA Laboratorium UM. Lebih lanjut berdasarkan hasil angket yang diberikan menunjukkan adanya respons positif siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan diagram roundhouse melalui kooperatif CIRC. Bertitik tolak dari penelitian ini maka dalam pembelajaran biologi guru-guru dapat menerapkan metode pembelajaran dengan menggunakan diagram roundhouse melalui kooperatif CIRC dengan dilakukan modifikasi-modifikasi dalam pembelajarannya. Selain itu perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang pengaruh diagram roundhouse terhadap tingkat kreatifitas siswa maupun terhadap hasil belajar jika pembelajaran dilakukan dengan melalui metode pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60269

Actions (login required)

View Item View Item