Suminto (2009) Penggunaan media inovatif melalui pembelajaran kooperatif stad untuk meningkatkan proses belajar dan pemahaman konsep pewarisan sifat makhluk hidup siswa kelas IX MTsN Kota Bima / Suminto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran merupakan proses komunikasi agar pelaksanaannya berjalan efektif diperlukan alat bantu serta penggunaan metode tertentu yang lebih variatif. Idealnya pembelajaran biologi yang dilakukan guru menggunakan media dan metode tertentu agar proses belajar dan pemahaman siswa lebih optimal. Namun kenyataan di lapangan guru biologi belum mampu mendayagunakan potensi lingkungan sekitarnya untuk membuat inovasi media dan menerapkan variasi metode pembelajaran tersebut. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi terhadap guru biologi di MTsN Kota Bima diperoleh fakta bahwa sebagian besar guru belum menggunakan media yang memadahi dan menerapkan metode-metode yang memotivasi siswa untuk belajar. Proses pembelajaran yang dilakukan guru selama ini hanya mentransfer pengetahuan melalui buku-buku dengan cara mencatat dan menerangkan. Pembelajaran yang dilakukan guru belum diupayakan yang berpusat pada siswa. Mencermati berbagai permasalahan tersebut penelitian tentang penggunaan media inovatif melalui pembelajaran kooperatif STAD penting untuk dilakukan. Penelitian dilaksanakan sejak bulan Januari sampai Maret 2008. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan desain mengacu pada model Kemmis dan Taggart yang meliputi tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi/evaluasi dan refleksi. Penelitian dilakukan dengan tindakan pada proses pembelajaran materi pewarisan sifat makhluk hidup menggunakan media inovatif (Permainan Kartu Konsep dan Cakram Persilangan) melalui kooperatif STAD di kelas IX6. Upaya ini merupakan suatu solusi yang dapat digunakan untuk menciptakan kondisi pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan. Penggabungan antara penggunaan media dengan metode kooperatif STAD sesuai dengan karakteristik materi pewarisan sifat pada makhluk hidup sehingga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi aktif dan persepsi siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan pemahaman konsep siswa tentang materi pewarisan sifat makhluk hidup melalui pembelajaran menggunakan media inovatif melalui kooperatif STAD. Untuk mengetahui proses tersebut dilakukan pengamatan terhadap sintaks pembelajaran oleh guru dan siswa sedangkan pemahaman konsep diketahui melalui kemampuan kognitif siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu untuk mengetahui persepsi siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan media inovatif melalui kooperatif STAD digunakan angket persepsi. Hasil penelitian tentang penggunaan media inovatif melalui kooperatif STAD dapat meningkatkan proses pembelajaran dari siklus I sebesar 55% menjadi 84% pada siklus II. Hal ini terjadi karena guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran mengacu pada sintaks yang telah ditetapkan dalam program demikian pula siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran mengikuti pola yang telah ditetapkan oleh guru. Peningkatan juga terjadi pada kemampuan kognitif subjek penelitian pada siklus I nilai rata-rata 67 17 meningkat menjadi 75 59 pada siklus II. Hasil angket persepsi siswa terhadap penggunaan media inovatif melalui pembelajaran kooperatif STAD secara klasikal juga meningkat dari siklus I sebesar 80 54% menjadi 82 75% pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan guru dengan menggabungkan antara penggunaan media inovatif dengan metode kooperatif STAD dapat menciptakan kondisi pembelajaran kondusif. Ketertarikan siswa dalam pembelajaran tersebut dapat dilihat dari hasil angket persepsi yang menunjukkan bahwa sejak awal siklus siswa memiliki persepsi positif terhadap penggunaan media inovatif melalui model kooperatif STAD tersebut. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian tindakan ini adalah 1) penggunaan media inovatif melalui pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan proses pembelajaran 2) penggunaan media inovatif melalui kooperatif STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang materi pewarisan sifat makhluk hidup 3) penggunaan media inovatif melalui pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan persepsi positif bagi siswa. Dengan demikian disarankan agar pembelajaran materi pewarisan sifat makhluk hidup yang dilakukan oleh guru hendaknya menggabungkan antara penggunaan media inovatif dengan metode kooperatif STAD agar pembelajaran berjalan dengan kondusif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60267 |
Actions (login required)
View Item |