Pengaruh penerapan strategi pembelajaran think pair share terhadap pemahaman konsep, ketrerampilan metakognitif, kemampuan berpikir kritis, dan respon siswa kelas XII di MAN 3 Malang / Andayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan strategi pembelajaran think pair share terhadap pemahaman konsep, ketrerampilan metakognitif, kemampuan berpikir kritis, dan respon siswa kelas XII di MAN 3 Malang / Andayani

Andayani (2009) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran think pair share terhadap pemahaman konsep, ketrerampilan metakognitif, kemampuan berpikir kritis, dan respon siswa kelas XII di MAN 3 Malang / Andayani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perubahan paradigma pendidikan di Indonesia berakibat pada berubahnya sistem pendidikan di Indonesia dari paradigma behaviorisme berubah menjadi paradigma konstruktivisme. Perubahan ini terjadi akibat perubahan pemahaman terhadap konsep pendidikan itu sendiri. Perubahan tersebut disikapi oleh Pemerintah dengan ditandai perubahan kurikulum yang digunakan mulai dari kurikulum 1984 berubah menjadi kurikulum 1994 yang diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang tidak saja memiliki pengetahuan melainkan keterampilan khususnya keterampilan berpikir untuk memecahkan masalah dengan menggunakan prinsip dan prosedur proses sains. Pada kurikulum 1994 sudah nampak terjadinya perubahan paradigma bahwa belajar bukan berbasis pengetahuan namun berbasis keterampilan. Selanjutnya paradigma tersebut diperkuat lagi dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004 dengan konsep pendidikan berorientasi pada kecakapan hidup (life skill). Setelah disempurnakan lagi dengan keluarnya Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia nomor 22 23 dan 24 tahun 2006. Berdasarkan peraturan menteri tersebut maka pengembangan standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam kurikulum operasional Tingkat Satuan Pendidikan atau sekarang disebut sebagai KTSP. Reformasi pada kurikulum juga berimbas pada reformasi belajar biologi dimana belajar biologi harus dapat mengembangkan sikap keterampilan berpikir serta meningkatkan keterampilan motoriknya. bukan hanya usaha untuk mencari pengetahuan tentang makhluk hidup. Dilihat dari segi input dan output pembelajaran biologi masih sangat rendah. Berdasarkan observasi di MAN 3 Malang Menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi belum pernah mengukur kemampuan berfikir kritis dan keterampilan metakognitif. Berdasarkan obervasi tersebut maka peneliti menggunakan strategi pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) dan strategi pembelajaran kooperatif model think pair share yang dipadu dengan strategi metakognitif (TPS SM). Sehingga dalam penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut. (1) apakah ada pengaruh strategi pembelajaran TPS (TPS SM) terhadap pemahaman konsep keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa (2) apakah ada pengaruh kemampuan akademik siswa terhadap pemahaman konsep keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa (3) apakah ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik siswa terhadap pemahamana konsep keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa. Maka untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan menggunakan kelas XII IPA 1 dan IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 3 sebagai kelas kontrol. Data diambil dengan menggunakan instrumen kuesioner untuk data keterampian metakognitif dan insrumen tes esai untuk data pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis. Dari hasil penelitian yang telah diperoleh menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan strategi pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa sedangkan kemampuan akademik siswa berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep dan interaksi strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep. Strategi pembelajaran kemampuan akademik dan interaksi strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh signifikan terhadap keterampilan metakognitif. Sedangkan strategi pembelajaran dan kemampuan akademik berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. dan interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis. Dari sembilan hipotesis penelitian yang diajukan hanya tiga hipotesis yang signifikan sedangkan enam hipotesis lainnya tidak signifikan. Pada variabel terikat keterampilan metakognitif untuk tiga hipotesis yang diajukan semuanya menunjukkan hasil tidak signifikan. Hal ini terjadi karena pada saat mengisi lembar kuesioner keterampilan metakognitif siswa masih menggunakan logika khususnya pada saat prates. Dalam hal ini siswa tidak mengembalikan setiap pernyataan pada diri sendiri sedangkan pada saat postes siswa baru menyadari dan menjawab sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Semua interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis tidak signifikan. Hal ini menandakan bahwa interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik saling melemahkan kecuali untuk interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik terhadap pemahaman konsep yang memperlihatkan bahwa pengaruh kemampuan akademik (atas) sangat kuat terhadap strategi pembelajaran. Respon siswa setelah diberi pengajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran menunjukkan bahwa 80% siswa dari kelas TPS menyatakn setuju dengan penerapan straegi pembelajaran think pair share (TPS) dan 78% siswa menyatakan setuju dengan penerapan strategi pembelajaran think pair share yang dipadu dengan strategi metakognitif (TPS SM). Bertitik tolak dari temuan penelitian ini beberapa saran yang dapat diajukan oleh peneliti untuk calon peneliti dan guru adalah (1) Hendaknya dilakukan penelitian lebih lanjut tentang keterampilan metakognitif siswa baik oleh calon peneliti yang akan melakukan penelitian ataupun oleh pihak sekolah dalam hal ini guru mata pelajaran yang terkait. Bagi guru dalam mengajar perlu adanya variasi strategi pembelajaran yang digunakan dan salah satunya TPS dan (TPS SM) dan dapat juga strategi pembelajaran yang telah digunakan oleh guru dikombinasikan atau dipadukan dengan strategi metakognitif. Selain itu guru harus memperhatikan kemampuan berpikir kritis siswa melalui tes tulis esai dan memperhatikan kemampuan akademik siswa terutama dalam kelompok belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60264

Actions (login required)

View Item View Item