Penerapan problem based learning melalui pembelajaran kooperatif model STAD untk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sistem reproduksi di kelas CI SMA Al-Ma'arif Mataram / M. Harja Efendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan problem based learning melalui pembelajaran kooperatif model STAD untk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sistem reproduksi di kelas CI SMA Al-Ma'arif Mataram / M. Harja Efendi

M. Harja Efendi (2009) Penerapan problem based learning melalui pembelajaran kooperatif model STAD untk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sistem reproduksi di kelas CI SMA Al-Ma'arif Mataram / M. Harja Efendi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guru merupakan salah satu kompenen yang sangat menentukan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran menurut kurikulum KTSP mensyaratkan guru perlunya perubahan paradigma dalam pembelajaran. Perubahan tersebut dapat terjadi jika ada kemauan dan kemampuan guru untuk mengimplementasikan kurikulum secara baik dan benar. Perubahan yang terjadai adalah guru harus mampu merubah perannya dari seorang pemimpin di kelas menjadi seorang fasilitator moderator pembimbing dan kawan belajar bagi siswa. Dengan demikian guru harus mampu menciptakan situasi belajar yang menyenangkan dan selalu memotivasi siswa sehingga tanggung jawab belajar berada pada siswa. Cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah guru harus berani untuk mencoba menerapkan berbagai strategi pembelajaran yang inovatif. Salah satu strategi pembelajaran yang inovatif adalah pembelajaran yang berorientasi pada pandangan konstruktivis seperti pembelajaran kooperatif. Strategi pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan strategi pembelajaran yang menitik beratkan pada aktivitas siswa dalam belajar karena siswa belajar dengan teman sekelompoknya. Keadaan ini menimbulkan rasa tanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar baik secara individu maupun kelompok. Selain itu dapat menciptakan susana belajar yang kondusif dan sangat efektif untuk membina hubungan di antara siswa dalam kelompok. Keuntungan lainnya siswa mampu mengingat hasil belajar lebih lama dan dapat meningkatkan hasil belajar. Problem based learning merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang authentik sehingga siswa membuat hubungan-hubungan yang dimilikinya dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan problem based learning melalui pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi sistem sistem Reproduksi di kelas XI SMA AL-Ma arif Mataram. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses dan hasil penerapan pembelajaran problem based learning dengan strategi belajar kooperatif model STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Al-Maarif Mataram yang berjumlah 23 siswa pada tahun pelajaran 2006-2007 semester genap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar siswa meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 mencapai 68 6% sedangkan pada siklus II mencapai 80 0%. Hasil belajar siswa pada siklus 1 mencapai 80 0% sedangkan pada siklus 2 mencapai 82 17%. Adapun hasil analisis terhadap sikap siswa terhadap strategi pembelajaran menunjukkan bahwa rerata sikap siswa terhadap penerapan problem based learning melalui kooperatif STAD sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru biologi dan guru bidang studi lainnya untuk dapat menerapkan pembelajaran problem based learning dan strategi pembelajaran model STAD dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan pemahaman siswa baik dari segi proses belajar maupun dari segi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60261

Actions (login required)

View Item View Item