Penerapan pembelajaran kontekstual dengan strategi belajar kooperatif Teams Games Tournaments untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Tarbiyatun Nasyiin Pamekasan / Abdul Qadimul Azal

Abdul Qadimul Azal (2009) Penerapan pembelajaran kontekstual dengan strategi belajar kooperatif Teams Games Tournaments untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Tarbiyatun Nasyiin Pamekasan / Abdul Qadimul Azal. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Melihat permasalahan yang terjadi pada MTs Tarbiyatun Nasyiin Pamekasan yaitu rendahnya keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa maka perlu adanya terobosan baru dalam proses pembelajaran IPA di sekolah dengan tepat. Rendahnya keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa tersebut disebabkan proses pembelajaran yang dilaksanakan guru kurang inovatif. Kegiatan pembelajaran yang terjadi di MTs Tarbiyatun Nasyiin Pamekasan masih didominasi oleh metode ceramah dan dapat dikatakan bersifat berpusat pada guru (teacher centered) sehingga siswa kurang termotivasi mengikuti kegiatan pembelajaran. Menurut Susilo (2001) salah satu penyebab kurangnya pemahaman siswa terhadap suatu konsep adalah pembelajaran yang terpusat pada guru. Agar pembelajaran berpusat pada siswa (student centered), maka perlu adanya perubahan dalam sistem pembelajaran. Pembelajaran kontekstual akan menjadikan pembelajaran bermakna karena selalu dikaitkan dengan kehidupan nyata, sehingga siswa mudah memahami materi pelajaran. Pembelajaran kontekstual dapat digabungkan dengan strategi pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments (TGT). Pembelajaran TGT dapat membangkitkan motivasi belajar siswa dalam kegiatan yang menyenangkan dan menantang. Istiqamah (2006) menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses dan hasil penerapan pembelajaran kontekstual dengan strategi belajar kooperatif Teams Games Tournaments (TGT) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Tarbiyatun Nasyiin Pamekasan yang berjumlah 40 siswa pada tahun pelajaran 2006-2007 semester genap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Keterampilan proses sains pada siklus 1 dengan kategori sedang (S) mencapai 95% dan kategori tinggi (T) mencapai 5%, sedangkan pada siklus 2 keterampilan proses sains dengan kategori tinggi (T) mencapai 62,5% dan kategori sangat tinggi (ST) mencapai 37,5%. Hasil belajar siswa, baik pada hasil proses pembelajaran maupun hasil tes kognitif juga meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Peningkatan ketuntasan klasikal dari siklus 1 (92,5%) ke siklus 2 (100%) untuk hasil proses pembelajaran adalah 7,5% dan nilai rata-rata klasikal dari siklus 1 (72,88) ke siklus 2 (87,54) adalah 14,66. Peningkatan ketuntasan klasikal dari siklus 1 (70%) ke siklus 2 (80%) untuk hasil tes kognitif adalah 10% dan nilai rata-rata klasikal dari siklus 1 (62,5) ke siklus 2 (68,88) adalah 6,38. Penerapan pembelajaran kontekstual dengan strategi belajar kooperatif Teams Games Tournaments dapat memberikan respons positif dengan kategori skala sikap sangat setuju (4,73). Berdasarkan hasil penelitian, diajukan saran-saran sebagai berikut: (1) penerapan pembelajaran kontekstual dengan strategi belajar kooperatif Teams Games Tournaments dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, sehingga disarankan dapat diterapkan pada mata pelajaran lain, (2) bagi pemula, penerapan pembelajaran kontekstual dengan strategi belajar kooperatif Teams Games Tournaments membutuhkan waktu yang cukup banyak. Untuk itu guru perlu berlatih dan beradaptasi dengan pembelajaran ini. (3) strategi belajar kooperatif Teams Games Tournaments cocok diterapkan pada konsep pengelompokan makhluk hidup, sehingga disarankan dapat diterapkan pada konsep yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60260

Actions (login required)

View Item View Item