Wijayanti, Mirna Ari (2015) Pelaksanaan pembelajaran pada sekolah penyelenggaran pendidikan inklusi di SDN Junrejo 01 Kota Batu / Mirna Ari Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wijayanti Mirna Ari.2015. Pelaksanaan Pembelajaran Pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Di SDN Junrejo 01 Kota Batu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Abdul Huda M.Pd Pembimbing (II) Drs. Sutrisno S.Pd M.Pd. Kata kunci Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Inklusi Dalam rangka memberikan pendidikan untuk semua orang SDN Junrejo 01 Kota Batu turut memberikan layanan pendidikan inklusif pada anak berkebutuhan khusus. Saat ini jumlah siswa berkebutuhan khusus disekolah ini dari kelas 1 sampai 6 terdapat 29 anak dengan kebutuhan yang berbeda-beda(1 anak gangguan konsentrasi 16 anak slow learner 5 anak autisme 3 anak tuna grahita 1 anak tuna daksa 1 anak ADHD dan 2 anak tuna rungu).Melihat kondisi tersebut maka peneliti melakukan penelitian ini dengan fokus pada perencanaan pembelajaran inklusi pelaksanaan pembelajaran inklusi evaluasi pembelajaran inklusi kendala yangdihadapi guru dalam pembelajaran inklusi dan upaya guru dalam mengatasi kendala yang muncul dalam pembelajaran inklusi di SDN Junrejo 01 Kota Batu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan dilakukan dengan cara wawancara observasi dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah GPK dan guru kelas.Data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode untuk mengetahui keabsahan data tersebut. Hasil penelitian ini menjelaskan (1) belum ada kerjasama antara GPK dengan guru kelasdalam perencanaan pembelajaran inklusif di kelas regular (2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan sistem kelas pull out. Pembelajaran inklusif menggunakan RPP dan PPI (3) kegiatan evaluasi disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa tersebut (4) kendala yang terjadi dalam proses pembelajaran antara lain belum ada kerjasama antara GPK dengan guru kelas penggunaan metode dan strategi pembelajaran yang belum sesuai dengan kebutuhan siswa terdapatlebih dari dua ketunaan yang dimilikisiswa berkebutuhan khusus dalam satu kelas reguler (5) upaya yang dilakukan yaitu saling sharing sesama guru pembimbing khusus maupun dengan guru kelas. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa perencanaan pelaksanaan dan evaluasi dalam pembelajaran inklusi selalu menyesuaikan karakteristik ABK.Penggunaan metode dan strategi dalam pembelajaran merupakan kendala yang sering terjadi dalam pembelajaran inklusif dikarenakan keadaan siswa berkebutuhan khusus yang mudah berubah-rubah. Adanya kerjasama antar pihak terkait dalam pembelajaran inklusi sangat diperlukan untuk mengatasi kendala yang muncul dalam pembelajaran inklusif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6026 |
Actions (login required)
View Item |