Imah, Mun (2018) Penerapan Reading Concept Map Student Teams Achievment Divisions (Remap STAD) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA 3 MAPM Cukir Jombang / Mun Imah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Imah Mun. 2017. Penerapan Reading Concept Map Student Teams Achievement Divisions (Remap STAD) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritisdan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI IPA 3 MAPM Cukir Jombang. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah M. Pd (II) Dr. Hadi Suwono M. Si Kata Kunci reading concept map STAD keterampilan berpikir kritis hasil belajar kognitif. Pendidikan di abad ke 21 diarahkan untuk mempersiapkan siswa hidup di era masyarakat global. Keterampilan kecakapan hidup yang salah satunya yaitu keterampilan berpikir kritis sepatutnya diberdayakan melalui proses pembelajaran di samping pencapaian hasil belajar kognitif yang maksimal. Namun sayangnya penguasaan keterampilan tersebut masih rendah dalam skala nasional dan tercermin pada kelas XI IPA 3 MAPM Cukir Jombang. Permasalahan ini dapat diatasi dengan menerapkan pembelajaran dengan model Reading Concept MapStudent Teams Achievement Divisions ( Remap STAD). Pada model Remap STAD siswa belajar melalui kegiatan membaca membuat peta konsep dan belajar kooperatif sesuai tahapan STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penerapan model pembelajaran Remap STAD dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA 3 MAPM Cukir Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 4 siklus. Masingmasing siklus terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 37 siswa kelas XI IPA 3 pada tahun pelajaran 2016/2017. Data keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif dikumpulkan melalui tes tertulis yang dilaksanakan pada pra penelitian dan setiap akhir siklus. Peningkatan keterampilan berpikir kritisdan hasil belajar kognitif antar siklus diketahui berdasarkan perhitungan gain score ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama penelitian keterampilan berpikir kritis siswa berhasil ditingkatkan antara pra penelitian dengan siklus I siklus I (nilai gain score ternormalisasi 0 557) serta antara siklus II dengan siklus III (0 118). Antara siklus I dengan siklus II terjadi penurunan keterampilan berpikir kritis (-0 290) begitu pula antara siklus III dengan siklus IV (-0 078). Meskipun mengalami penurunan dapat diketahui bahwa keterampilan berpikir kritis siswa di akhir siklus IV telah mengalami peningkatan dibandingkan pada pra penelitian dengan persentase peningkatan 68 25%. Hasil belajar kognitif siswa selama penelitian ini berhasil ditingkatkan antara pra penelitian dengan siklus I (nilai gain score ternormalisasi 0 322) antara siklus I dengan siklus II (0 408) dan antara siklus III dengan siklus IV (0 258). Sedangkan antara siklus III dengan siklus IV hasil belajar kognitif mengalami penurunan (-0 279). Pada akhir siklus ke IV persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa adalah 72 98% siswa yang sudah mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian model Remap STAD dapat direkomendasikan dalam pembelajaran Biologi sebagai upaya meningkatkan keterampilan berpikir kritisdan hasil belajar kogntif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jan 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60254 |
Actions (login required)
View Item |