Pengaruh inkuiri terbimbing dipadu Student Team Achievement Division (STAD) terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA di Kota Malang / Siti Rokhmatika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh inkuiri terbimbing dipadu Student Team Achievement Division (STAD) terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA di Kota Malang / Siti Rokhmatika

Rokhmatika, Siti (2015) Pengaruh inkuiri terbimbing dipadu Student Team Achievement Division (STAD) terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA di Kota Malang / Siti Rokhmatika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rokhmatika Siti. 2015. Pengaruh Inkuiri Terbimbing Dipadu Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA di Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Dr. Sueb M.Kes. Kata kunci inkuiri terbimbing Student Team Achievement Division (STAD) keterampilan berpikir kritis hasil belajar kognitif Abad 21 inimerupakanabadperkembanganilmupengetahuandanteknologi yang sangatpesat sertainformasidenganmudahtersebarkeseluruhpelosoknegeri di berbagaibelahandunia.Konsekuensidariperkembanganglobalisasiini kitadihadapkanberbagaitantangan.Menghadapitantangantersebutmakadibutuhkankualitassumberdayamanusia yang diperolehmelaluipeningkatanmutupadasetiapjenjangpendidikan.Beberapakompetensiataukeahlian yang harusdimilikiolehsumberdayamanusia di antaranyakemampuanberpikirkritis kerjasama danpemecahanmasalah.Kompetensitersebutdapatdiberdayakanmelaluiberbagaiupayasalahsatunyamelaluipembelajaransains di sekolah.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiadapengaruhinkuiriterbimbingdipaduStudent Team Achievement Division (STAD) terhadapketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswakelas X SMA di kota Malang. Penelitianinitermasukdalameksperimensemu.Desainpenelitianyang digunakanberupapretest posttest nonequivalent control group design.Populasipenelitianiniseluruhsiswakelas X MIA SMA Negeri di KotaMalang tahun pelajaran 2014/2015.Sampelpenelitianyaitusatukelas MIA sebagaikelompok control dantigakelas MIA sebagaikelompokeksperimen. Teknikpengambilansampel yang digunakancluster random sampling.Teknikpengumpulan data menggunakantesuraiantertulis.Ujihipotesismenggunakananakova. Data penelitiansebelumdilakukanujihipotesis dilakukanujinormalitasmenggunakanKolmogorov Smirnov danujihomogenitasmenggunakanLevene s Testsebagaiujiprasyaratuntukmengetahui data berdistribusi normal danhomogen. Berdasarkanhasilanalisis data penelitiandanpembahasan makadapatdisimpulkanbahwahasilujianakovamenunjukkannilai p 0 000 lebihkecildari 945 0 05. Hal inimenunjukkanbahwa model pembelajaranberpengaruhterhadapketerampilanberpikirkritis.Hasilujianakovamenunjukkannilai p 0 000 lebihkecildari 945 0 05. Hal inimenunjukkanbahwa model pembelajaranberpengaruhterhadaphasilbelajarkognitif. Saranuntukpenelitianselanjutnyayaituguru mata pelajaranbiologidapatmenerapkanmodel inkuiriterbimbingdipadu STAD (INSTAD) untukmeningkatkanketerampilanberpikirkritis dan hasilbelajar pada ranahkognitif afektif dan psikomotoriksiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60252

Actions (login required)

View Item View Item