Mistianah (2015) Hubungan antara minat baca terhadap keterampilan-keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran biologi berbasis reading concept map GI dan reading concept pap jigsaw pada kelas X SMA Negeri di Kota Malang / Mistianah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mistianah. 2015. Hubungan antara Minat Baca terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Biologi Berbasis Reading Concept Map GI dan Reading Concept Map Jigsaw Kelas X SMA Negeri di Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. AD. Corebima M.Pd (II) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah M.Pd. Kata Kunci minatbaca keterampilan berpikir kritis Reading Concept MapGroup Investigation (GI) ReadingConcept Map Jigsaw Minat baca erat kaitannya dengan keterampilan berpikir kritis siswa. Berkenaan hubungan antara minat baca dan keterampilan berpikir kritis belum ada kajian yang membandingkan hubungan kedua variabel pada pembelajaran biologi dengan model pembelajaran yang berbeda. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Reading Concept Map GI dan Reading Concept Map Jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis 1) hubungan minat baca terhadap keterampilan berpikir kritis pada penerapan pembelajaran Reading Concept Map GI pada kelas X SMA di Kota Malang 2) hubungan minat baca terhadap keterampilan berpikir kritis pada penerapan pembelajaran Reading Concept Map Jigsaw pada kelas X SMA di Kota Malang dan 3) perbedaan persamaan regresi antara minat baca terhadap keterampilan berpikir kritis pada penerapan pembelajaran Reading Concept MapGI dan pembelajaran Reading Concept MapJigsaw pada kelas X SMA di Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasipenelitianadalahseluruhsiswakelas X SMA Negeri di Kota Malang dengansampelpenelitianadalahsiswakelas X MIA 1 di SMA Negeri 9 Malang dansiswakelas X MIA 3 di SMA Negeri2 Malang semester ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015.Data hasilpenelitianyaituminatbacadidapatkandenganmenggunakanangketminatbaca sedangkanketerampilanberpikir kritis denganmenggunakantesessay. Keterlaksanaansintaksdilihatberdasarkanlembarketeraksanaandanujikonsistensi.Analisis data dilakukandengananalisiskorelasiregresisederhanapadahasilpretespostes. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwatidak terdapat hubungan antara minat baca dan keterampilan berpikir kritis pada RemapGI maupun pada Remap Jigsaw.Hasil penelitian ini tidak sejalan dengan hasil-hasil penelitian sebelumnya. Perbedaan hasil penelitian ini dengan hasil penelitian sebelumnya dapat terjadi berkaitan dengan (1) alat ukur penelitian (2) sampel penelitian dan (3) teknik analisis data. Tidak adanya hubungan antara minat baca dan keterampilan berpikir kritis dalam penelitian ini dapat disebabkan salah satunya oleh penggunaan inventori yang tidak selalu efektif.Meskipun demikian minat baca dan keterampilan berpikir kritis tetap harus diberdayakan dalam dunia pendidikan mengingat pentingnya minat baca dan keterampilan berpikir kritis siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60251 |
Actions (login required)
View Item |