Upaya pembentukan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SDN Rejoyoso 04 Kecamatan Bantur kabupaten Malang / Nurin Puspa Kinasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya pembentukan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SDN Rejoyoso 04 Kecamatan Bantur kabupaten Malang / Nurin Puspa Kinasih

Kinasih, Nurin Puspa (2015) Upaya pembentukan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SDN Rejoyoso 04 Kecamatan Bantur kabupaten Malang / Nurin Puspa Kinasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kinasih Nurin Puspa. 2015. Upaya Pembentukan Karakter Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SDN Rejoyoso 04 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Nihayati S. Pd M. Pd (II) Dra. Sri Sugiharti M. Pd. Kata Kunci Pendidikan Karakter Ekstrakurikuler Pramuka Jenjang Penggalang Beberapa kasus yang melanda Indonesia merupakan dampak dari merosotnya moral bangsa saat ini. Dengan demikian aspek psikomotor dan afektif yang terdapat moral sebagai basis pembentukan karakter dan budaya bangsa semakin terpinggirkan. Gerakan Pramuka sebagai organisasi kepanduan dalam dunia pendidikan non formal berusaha membantu pemerintah dan masyarakat dalam membangun masyarakat dan bangsa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Penerapan kegiatan ekstrakurikuler pramuka (2) Upaya Pembina pramuka menanamkan nilai-nilai karakter yang berdasarkan Dasadarma pada siswa (3) Faktor yang mendukung dang menghambat dalam upaya pembentukan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Lokasi penelitian ini yaitu di SDN Rejoyoso 04 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan data pada hal-hal penting yang kemudian data disajikan dalam bentuk naratif kemudian menarik kesimpulan dari data-data yang diperoleh. Verifikasi dilakukan dengan menarik kesimpulan sementara berdasarkan rumusan masalah kemudian disatukan dan ditarik kesimpulan akhir. Dalam penerapan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilakukan langsung pada jenjang penggalang secara rutin di sekolah oleh tiga orang pembina. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama penerapan kegiatan ekstrakurikuler pramuka memiliki kesamaan dengan prinsip tujuan dan metode dalam kepramukaan. Kedua upaya pembina pramuka dalam menanamkan nilai-nilai karakter mengarah pada pengembangan kegiatan dan media dalam kepramukaan. Ketiga faktor yang mendukung berasal dari pihak sekolah siswa maupun wali murid dan faktor penghambat berasal dari sekolah. Dengan demikian dapat diberikan saran yakni (1) Kepala Sekolah diharapkan untuk mengupayakan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dimulai sejak jenjang siaga yang kemudian jenjang penggalang secara berkelanjutan (2) Pembinaan kedisiplinan diharapkan harus terus dilakukan secara konsisten dan rutin oleh seluruh pihak sekolah dan (3) Diharapkan kepala sekolah guru beserta pihak-pihak sekolah memberikan teladan bagi siswa-siswi dalam berbicara bersikap dan berperilaku santun baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6025

Actions (login required)

View Item View Item