Pengembangan bahan ajar pembelajaran kimia materi senyawa karbon turunan alkana dengan model learning cycle 5E untuk peserta didik kelas XII SMA/MA / Karlina Saptanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar pembelajaran kimia materi senyawa karbon turunan alkana dengan model learning cycle 5E untuk peserta didik kelas XII SMA/MA / Karlina Saptanti

Saptanti, Karlina (2016) Pengembangan bahan ajar pembelajaran kimia materi senyawa karbon turunan alkana dengan model learning cycle 5E untuk peserta didik kelas XII SMA/MA / Karlina Saptanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saptanti Karlina. 2016. PengembanganBahan Ajar Pembelajaran Kimia MateriSenyawaKarbonTurunanAlkanadengan Model Learning Cycle 5E untukPesertaDidikKelas XII SMA/MA. Skripsi Jurusan Kimia FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. EndangBudiasih M.S. (II) Dra. DedekSukarianingsih M.Pd. M.Si. Kata Kunci bahan ajar Learning Cycle 5E senyawakarbonturunanalkana. Pergeseranparadigmapembelajarandariteacher-centeredkestudent-centeredmemerlukanbahan ajar yang sesuai.Penggunaanbahanajardiperlukanuntuk proses pembelajaran yang menitikberatkanpadakeaktifanberpikirpesertadidik. Salah satu model pembelajaran yang menekankanpadakeaktifanpesertadidikadalahLearning Cycle 5E.Penelitiandifokuskanpadamaterisenyawakarbonturunanalkanakarenamateriinimerupakanlangkahawaluntukmempelajarimateribenzenadanturunannya sertasenyawamakromolekuldanumumnyamateriinimasihdibelajarkansecaradeskriptif di sekolah.Tujuanpengembanganadalah 1) menghasilkanproduk yaknibahan ajar cetakmaterisenyawakarbonturunanalkanadengan model Learning Cycle 5Euntukpesertadidik SMA/MAkelas XII dan2) mengetahuikelayakanbahan ajar materisenyawakarbonturunanalkanadengan model Learning Cycle 5E untukpesertadidik SMA/MA kelas XII. Pengembanganbahan ajar senyawakarbonturunanalkanainimengacupada model pengembangan 4D yang dikemukakanolehThiagarajan.Langkah-langkah model pengembangan 4Dadalah1) Define (pendefinisian) 2) Design (perancangan) dan3) Develop (pengembangan)dan 4) Disseminate (pengembangan). Namun karenaketerbatasanwaktudanbiaya pengembanganhanyadilakukansampaitahapketiga yaitutahapDevelop.Validasibahan ajar dilakukanoleh1 orang dosen Kimia FMIPA UniversitasNegeri Malang dan 2 orang guru kimia SMA/MA sertadiujicobakanpada 10 pesertadidik yang telahmenerimamaterisenyawakarbonturunanalkana. Instrumenpengumpulan data berupalembarvalidasidenganrubrikpenilaianmenggunakanskalaLikert 1-5 danteknikanalisis data menggunakanteknikpersentasedengankriteria jikadiperolehpersentase di atas 60% makabahan ajar layakdigunakandanjikadiperolehpersentase di bawah 60% makabahan ajar kuranglayakdigunakansehinggarevisiperludilakukan. Hasilvalidasidarisegiisidiperoleh rata-rata persentasesebesar 85% dengankriteriasangatlayak segibahasasebesar 88% dengankriteriasangatlayak dansegipenyajiansebesar 89% dengankriteriasangatlayak. Hasilujicobaterbatasdiperoleh rata-rata persentasepadaaspektampilansebesar85 33% dengankriteriasangatlayak aspeksajianmaterisebesar 83 11% dengankriteriasangatlayak danaspekmanfaatsebesar 85 33% dengankriteriasangatlayak. Hasilvalidasimenunjukkanbahan ajar yang dikembangkansangatlayakuntukdigunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60239

Actions (login required)

View Item View Item