Pengaruh penugasan jurnal belajar pada model problem solving terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada berbagai tingkat motivasi berprestasi dalam pembelajaran larutan penyangga / Tutur Taliningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penugasan jurnal belajar pada model problem solving terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada berbagai tingkat motivasi berprestasi dalam pembelajaran larutan penyangga / Tutur Taliningsih

Taliningsih, Tutur (2019) Pengaruh penugasan jurnal belajar pada model problem solving terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada berbagai tingkat motivasi berprestasi dalam pembelajaran larutan penyangga / Tutur Taliningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Taliningsih Tutur. 2018. Pengaruh Penugasan Jurnal Belajar pada Model Problem Solving terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Berbagai Tingkat Motivasi Berprestasi dalam Pembelajaran Larutan Penyangga. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Subandi M.Si. (II) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M. Ed. Ph.D. Kata Kunci Problem Solving jurnal belajar hasil belajar kognitif kemampuan berpikir tingkat tinggi motivasi berprestasi. Salah satu materi kimia yang diajarkan di SMA untuk siswa kelas XI adalah larutan penyangga. Larutan penyangga melibatkan representasi makroskopik mikroskopik dan simbolik. Salah satu model yang dapat digunakan dalam membelajarkan larutan penyangga adalah Problem Solving. Problem Solving tidak hanya menekankan pada kemampuan berhitung namun juga memasukkan kemampuan menganalisis merencanakan dan mengevaluasi hingga membuat kesimpulan. Jurnal belajar dalam penelitian ini dapat membantu siswa untuk mengubah kebiasaan belajarnya. Selain itu perlu dilihat adanya dorongan dari luar seperti motivasi berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh penerapan problem solving berbantuan jurnal belajar terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran larutan penyangga 2) pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran larutan penyangga dan 3) interaksi antara motivasi berprestasi dengan penugasan jurnal belajar pada model problem solving terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan eksperimen semu (quasy experimental) dengan desain yang dipilih adalah posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIIA salah satu SMA di Kabupaten Kediri pada semester genap 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling untuk memperoleh dua kelas. Uji hipotesis dilakukan dengan uji statistik One Way ANOVA dan uji statistik non-parametrik Kruskal Wallis. Sebelum digunakan sebagai instrumen penelitian soal diuji validitas isi oleh ahli dan diuji coba pada siswa kelas XII. Reliabilitas soal tes adalah sebesar 0 9 Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penugasan jurnal belajar pada model problem solving pada materi larutan penyangga berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Siswa yang diberi penugasan jurnal belajar memiliki rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dibanding dengan siswa yang tidak diberi penugasan jurnal belajar 2) penugasan jurnal belajar pada model problem solving pada materi larutan penyangga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Siswa yang diberi penugasan jurnal belajar memiliki rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi yang lebih tinggi dibanding dengan siswa yang tidak diberi penugasan jurnal belajar 3) motivasi berprestasi tidak berpengaruh pada hasil belajar kognitif siswa 4) motivasi berprestasi tidak berpengaruh pada vi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa 5) tidak terdapat interaksi antara motivasi berprestasi dengan penugasan jurnal belajar pada model problem solving terhadap hasil belajar kognitif siswa dan 6) tidak terdapat interaksi antara motivasi berprestasi dengan penugasan jurnal belajar pada model problem solving terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60227

Actions (login required)

View Item View Item