Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan diagram Vee terhadap model mental dan pemahaman konsep siswa dengan kemampuan awal berbeda pada materi larutan penyangga dan hidrolisis garam / Ravika Endriyana Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan diagram Vee terhadap model mental dan pemahaman konsep siswa dengan kemampuan awal berbeda pada materi larutan penyangga dan hidrolisis garam / Ravika Endriyana Safitri

Safitri, Ravika Endriyana (2019) Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan diagram Vee terhadap model mental dan pemahaman konsep siswa dengan kemampuan awal berbeda pada materi larutan penyangga dan hidrolisis garam / Ravika Endriyana Safitri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Safitri Ravika Endriyana. 2018. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Diagram Vee Terhadap Model Mental dan Pemahaman Konsep Siswa dengan Kemampuan Awal Berbeda pada Materi Larutan Penyangga dan Hidrolisis Garam. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. H. Suhadi Ibnu M.A Ph.D . (2) Drs. I Wayan Dasna M.Si M.Ed Ph.D. Kata Kunci Inkuiri terbimbing Inkuiri terbimbing berbantuan diagram vee model mental pemahaman konsep kemampuan awal. Pembelajaran kimia masih banyak berfokus pada hasil tanpa memperhatikan proses yang berlangsung hal ini terjadi karena model pembelajaran konstruktivis diterapkan sekolah belum secara optimal. Ilmu kimia mempelajari konsep konsep yang bersifat abstrak sehingga banyak siswa yang merasa kesulitan dalam merepretansikan dalam bentuk makroskopik mikroskopik dan simbolik yang berhubungan dengan model mental siswa. Model mental merupakan representasi ide atau gagasan seorang siswa yang dapat digunakan untuk menggambarkan menjelaskan dan memprediksi suatu fenomena kimia Ilmu kimia akan membangun mental siswa melalui proses pengamatan penafsiran penjelasan imaginasi dan pemahaman ilmiah. Model mental akan mempengaruhi struktur kognitif dan pemahaman konsep siswa. Model mental ini penting dalam pembentukan pemahaman konsep siswa karena ide atau gagasan yang dituliskan siswa akan menggambarkan pemahaman siswa dalam mengaitkan konsep konsep tentang permasalahan kimia yang diberikan. Pada penelitian ini digunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan diagram vee untuk meningkatkan model mental dan pemahaman konsep siswa pada materi larutan penyangga dan hidrolisis garam. Penelitian menggunakan rancangan mixed methods explanatory dimana dilakukan penelitian secara kuantitatif dengan tes model mental dan pemahaman konsep siswa kemudian akan didukung dengan data kualitatif berupa wawancara. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan post-test only control group design. Subyek penelitia siswa kelas XI salah satu SMA Negeri di Pandaan dengan teknik convenience sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelas yang terdiri dari kelas kontrol dan eksperimen. Penelitian ini menggunakan instrumen perlakuan dan pengukuran. Penelitian ini menggunakan inkuiri terbimbing yang dipadukan dengan diagram vee yang dapat memadukan sisi praktik dan sisi konseptual sehingga model mental dan pemahaman konsep siswa menjadi utuh. Siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan diagram vee memiliki nilai rata rata model mental siswa yang lebih besar jika dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing.Penelitian ini dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan untuk materi hidrolisis garam dan larutan penyangga dengan menggunakan instumen pembelajaran berupa silabus RPP dan LKS. Nilai realibilitas (r) dengan cronbach alpha 0 814 dan 0 817. Data model mental diperoleh dari jawaban tertulis siswa terhadap tes model mental yang dikatagorikan sesuai rubrik Kurnaz dan tes pemahaman konsep. Data keseluruhan dianalisis dengan menggunakan ANACOVA pada taraf signifikansi 95% ( 61537 0 05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan model mental siswa terkait materi larutan penyangga dan hidrolisis garam ditinjau dari kemampuan awal yang berbeda. (2) terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa terkait materi larutan penyangga dan hidrolisis garam ditinjau dari kemampuan awal yang berbeda. (3) terdapat perbedaan model mental siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing berbantuan diagram vee terkait materi larutan penyangga dan hidrolisis garam (4) terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing berbantuan diagram vee terkait materi larutan penyangga dan hidrolisis garam (5) terdapat interaksi antara kemampuan awal dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan diagram vee terhadap model mental siswa terkait materi larutan penyangga dan hidrolisis garam (6) terdapat interaksi antara kemampuan awal dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan diagram vee terhadap pemahaman konsep siswa terkait materi larutan penyangga dan hidrolisis garam (7) terdapat hubungan antara model mental dan pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan diagram vee dan inkuiri terbimbing terkait materi larutan penyangga dan hidrolisis garam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60226

Actions (login required)

View Item View Item