Pengaruh strategi inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI MIPA pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan ditinjau dari gaya belajar dan motivasi berprestasi / Pristy Nandya Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI MIPA pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan ditinjau dari gaya belajar dan motivasi berprestasi / Pristy Nandya Putri

Putri, Pristy Nandya (2019) Pengaruh strategi inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI MIPA pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan ditinjau dari gaya belajar dan motivasi berprestasi / Pristy Nandya Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri Pristy N. 2018. Pengaruh Strategi Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI MIPA Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Ditinjau dari Gaya Belajar dan Motivasi Berprestasi. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Subandi M.Si. (II) Dr. Munzil S.Pd M.Si. Kata Kunci Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Motivasi Berprestasi Gaya Belajar David Kolb Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Kemampuan HOT merupakan kemampuan yang penting dikuasai oleh siswa pada abad ini. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat mendukung peningkatan kemampuan HOT adalah strategi inkuiri terbimbing. Pemilihan suatu strategi pembelajaran yang akan diterapkan perlu memperhatikan karakteristik siswa yaitu motivasi berprestasi dan gaya belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui ada-tidaknya pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa (2) mengetahui ada-tidaknya pengaruh motivasi berprestasi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa (3) mengetahui ada-tidaknya pengaruh gaya belajar diverging assimilating accommodating dan converging terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen posttest only design yang menggunakan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA-D dan MIPA-C SMA Negeri 10 Malang. Instrumen penelitian terdiri dari angket motivasi berprestasi angket gaya belajar dan soal untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Sebelum memulai pembelajaran siswa diberikan angket gaya belajar dan angket motivasi berprestasi. Kedua angket tersebut telah diuji validitas dan reliabilitas karena telah digunakan oleh peneliti sebelumnya. Angket motivasi berprestasi memiliki reliabilitas sebesar 0 829 sedangkan angket gaya belajar memiliki reliabilitas 0 9 untuk masing-masing indikator gaya belajar. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa diukur menggunakan instrumen tervalidasi yang berupa soal 20 pilihan ganda dan 5 soal uraian mencakup kemampuan analisis (C4) evaluasi (C5) dan sintesis (C6). Instrumen pengukuran kemampuan berpikir tingkat tinggi ini memilki validitas sebesar 83 3% dan nilai reliabilitas sebesar 0 791 dengan kategori reliabilitas tinggi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t uji non-parametrik Mann-Whitney dan uji Kruscall-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa khususnya untuk siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi inkuiri terbimbing memiliki kemampuan HOT yang lebih tinggi dengan rata-rata nilai 71 22 dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan verifikasi yang memiliki rata-rata nilai 65 67 (2) terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi memiliki kemampuan HOT yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah (3) tidak terdapat pengaruh gaya belajar diverging assimilating accommodating dan converging terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. dan (4) siswa dengan gaya belajar diverging dan assimilating memiliki respon positif terhadap strategi pembelajaran inkuiri terbimbing sedangkan siswa dengan gaya belajar accommodating memiliki respon positif terhadap pembelajaran verifikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60225

Actions (login required)

View Item View Item