Prisvitasari, Yezhi (2018) Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis multi representasi terhadap peningkatan pengetahuan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sifat koligatif larutan / Yezhi Prisvitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Prisvitasari Yezhi. 2018. Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Multi Representasi terhadap Peningkatan Pengetahuan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sifat Koligatif Larutan. Tesis Program studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Budiasih M.S. (II) Dr. H. Yudhi Utomo M.Si. Kata Kunci inkuiri terbimbing multi representasi pengetahuan metakognitif kemampuan berpikir kritis sifat koligatif larutan. Konsep pada materi sifat koligatif larutan bersifat konseptual dan algoritmik. Pemahaman konseptual dan algoritmik tersebut diinterpretasikan berdasarkan tiga domain representasi yakni makroskopis submikroskopis dan simbolik. Siswa SMA mengalami kesulitan dalam mengaitkan ketiga domain representasi kimia. Siswa umumnya memahami fenomena kimia pada level makroskopik dan dapat diinterpretasikan pada level simbolik namun siswa seringkali tidak dapat menghubungkan kedua level tersebut dengan level submikroskopik. Proses pembelajaran sifat koligatif larutan di SMA lebih banyak dilakukan dengan pendekatan konvensional atau berpusat pada guru dan kurang memunculkan ketiga domain representasi. Pembelajaran kimia yang tidak ditunjang dengan pemahaman pada representasi submikroskopik akan menimbulkan banyak siswa mengalami kesulitan belajar dan memahami konsep. Kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi sifat koligatif larutan diharapkan dapat diatasi dengan menerapkan pembelajaran berbasis konstruktivistik yakni pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis multi representasi. Pada proses pembelajaran siswa aktif membangun konsep dan menghubungkan ketiga level representasi kimia yang terdapat pada sub-materi tersebut. Upaya memfasilitasi siswa untuk mengaitkan pemahaman kognitif mengenai representasi makroskopis submikroskopis dan simbolik secara sadar yaitu dengan melibatkan metakognisi ke dalam proses pembelajaran. Keterlibatan aktifitas metakognitif dapat meningkatkan capaian belajar kognitif dan merupakan faktor penting dalam perkembangan kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengetahuan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis multi representasi dengan metode pembelajaran konvensional berbasis multi representasi pada materi sifat koligatif larutan (2) Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis multi representasi dalam meningkatkan pengetahuan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sifat koligatif larutan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian kuantitatif eksperimental semu dengan pretes dan postes dalam dua kelompok (quasi experimental pretest-posttest). Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XII MIPA SMAN 1 Trenggalek. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih dua kelas yaitu kelas XII MIPA 6 sebagai kelas ekperimen (kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran vi inkuiri terbimbing berbasis multi representasi) yang berjumlah 32 siswa dan kelas XII MIPA 7 sebagai kelas kontrol (kelas yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran konvensional berbasis multi representasi) yang berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Instrumen perlakuan terdiri dari (1) Silabus (2) RPP (3) LKS sedangkan instrumen pengukuran terdiri dari (1) Tes pengetahuan metakognitif yang memiliki validasi isi 93 33% dengan kriteria sangat baik dan koefisien reliabilitas Alpha Cronbach 0 734 dengan kategori tinggi (2) Tes kemampuan berpikir kritis yang memiliki validasi isi 89 99% dengan kriteria sangat baik dan koefisien reliabilitas Alpha Cronbach 0 656 dengan kategori tinggi. Analisis data yang digunakan ialan analisis ANCOVA satu jalur untuk menguji apakah ada perbedaan pengetahuan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis multi representasi dengan metode pembelajaran konvensional berbasis multi representasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan pengetahuan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis multi representasi dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional berbasis multi representasi pada materi sifat koligatif larutan. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai pretes pengetahuan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis kedua kelas sama namun nilai postes berbeda. Nilai postes pengetahuan metakognitif siswa pada kelas eksperimen (83 78) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (79 60) dan nilai postes kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen (85 06) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (79 50). (2) Model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis multi representasi efektif untuk meningkatkan pengetahuan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sifat koligatif larutan. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata nilai postes kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol jumlah siswa yang nilai postesnya lebih dari KKM pada kelas eksperimen (27 dari 32 siswa) lebih banyak dibandingkan kelas kontrol (22 dari 32 siswa) nilai rata-rata gain score kelas eksperimen (22 30) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (17 43) dan rata-rata persentase nilai latihan soal LKS kelas eksperimen (88 82%) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (83 01%).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Dec 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60223 |
Actions (login required)
View Item |