Hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis larutan penyangga sebagai dampak POGIL berbantuan advance organizer di SMA Negeri 1 Papar / Try Hartiningsih

Hartiningsih, Try (2018) Hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis larutan penyangga sebagai dampak POGIL berbantuan advance organizer di SMA Negeri 1 Papar / Try Hartiningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Hartiningsih, Try. 2018. Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Larutan Penyangga sebagai Dampak POGIL Berbantuan Advance Organizer di SMA Negeri 1 Papar. Tesis, Jurusan Pendidikan Kimia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Endang Budiasih, M.S, (2) Dr. Sutrisno, M.Si. Kata kunci: POGIL, advance organizer, hasil belajar kognitif, keterampilan berpikir kritis, larutan penyangga POGIL berbantuan Advance Organizer (POGIL-AO) merupakan strategi pembelajaran untuk memahami konsep yang kompleks secara mendalam melalui konsep yang sederhana. Penggunaan AO membantu menghubungkan pengetahuan sebelumnya dengan pengetahuan baru sehingga lebih bermakna. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan POGIL-AO dan POGIL tanpa Advance Organizer (POGIL tanpa AO), (2) perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi dan rendah, (3) perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan POGIL-AO dan POGIL tanpa AO, (4) perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi dan rendah, (5) interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap hasil belajar kognitif, dan (6) interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan eksperimental semu dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Papar tahun pelajaran 2017/2018 terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelompok kontrol (POGIL tanpa AO) dan XI MIA 2 sebagai kelompok eksperimen (POGIL-AO). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen pembelajaran dan instrumen penilaian. Instrumen penilaian berupa soal tes hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis dengan validitas masing-masing sebesar 84,8% dan 84,4%. Reliabilitas butir soal tes sebesar 0,872 dan 0,778. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar kognitif siswa kelompok eksperimen sebesar 71,7 lebih tinggi daripada kelompok kontrol sebesar 64,8; (2) tidak ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi dan siswa dengan kemampuan awal rendah; (3) keterampilan berpikir kritis siswa kelompok eksperimen sebesar 62,9 lebih tinggi daripada kelompok kontrol sebesar 55,7; (4) keterampilan berpikir kritis siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi sebesar 66,3 lebih tinggi daripada siswa dengan kemampuan awal rendah sebesar 50,6; (5) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap hasil belajar kognitif; dan (6) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60221

Actions (login required)

View Item View Item