Keyakinan pedagogik guru kimia madrasah aliyah dalam menerapkan pembelajaran kimia berbasis literasi sains / Teguh Hendri Ariyanto

Ariyanto, Teguh Hendri (2018) Keyakinan pedagogik guru kimia madrasah aliyah dalam menerapkan pembelajaran kimia berbasis literasi sains / Teguh Hendri Ariyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ariyanto, T.H. 2018. Keyakinan Pedagogik Guru Kimia Madrasah Aliyah Dalam Menerapkan Pembelajaran Kimia Berbasis Literasi Sains. Tesis, Jurusan Pendidikan Kimia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dra. Sri Rahayu, M.Ed., Ph.D. (2) Dr.Yahmin, S.Pd., M.Si. Kata kunci: keyakinan pedagogik guru, pembelajaran kimia, literasi sains Pembelajaran kimia berbasis literasi sains adalah pembelajaran kimia yang dirancang dengan memenuhi prinsip-prinsip literasi sains yaitu mengidentifikasi masalah, menjelaskan fenomena ilmiah, dan menggunakan bukti ilmiah. Guru merupakan faktor kunci dalam proses pembelajaran karena ia berperan dalam rangka merancang, melaksanakan, serta mengevaluasi pembelajaran. Penelitian tentang keyakinan pedagogik guru dan kaitannya dengan praktik mengajar telah dilakukan selama kurang lebih 60 tahun. Ada dugaan hubungan antara keberhasilan pencapaian tujuan pebelajaran dengan keyakinan pedagogik guru. Keyakinan pedagogik guru adalah gambaran konsep psikologis/ cara pandang yang dimiliki guru terkait bagaimana seharusnya ia mengajar, mengelola pembelajaran, merancang dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi hasil belajar, dan mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki peserta didik. Kategori tipe keyakinan guru antara lain Teacher Oriented (Tipe Tradisional dan Instruktif), Transisional/ peralihan, dan Student Oriented (Tipe Responsif dan Berbasis Reformasi). Identifikasi keyakinan bisa dilakukan dengan cara memeriksa dokumen guru, mewawancarai dan atau meminta guru mengisi angket terkait keyakinannya, serta mengecek konsistensinya terhadap praktik mengajar guru di kelas melalui observasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kombinasi (mixed method) model sequential explanatory. Model penelitian ini dicirikan dengan melakukan pengumpulan dan analisis data kuantitatif pada tahap pertama dan diikuti dengan pengumpulan dan analisis data kualitatif pada tahap kedua untuk memperkuat hasil penelitian kuantitatif yang dilakukan pada tahap pertama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi data kuantitatif dengan angket sedangkan data kualitatif diperoleh dari data hasil observasi, wawancara, dan hasil studi dokumentasi. Hasil angket, wawancara, dan studi dokumentasi menunjukkan bahwa secara umum guru-guru kimia madrasah aliyah memiliki tipe keyakinan transisional Student Oriented tetapi hasil observasi menunjukkan temuan yang sedikit berbeda. Secara administratif formal, setiap guru menunjukkan tipe keyakinan pedagogik Student Oriented, tetapi dalam pelaksanaan praktik mengajar di kelas, keyakinan mereka menyesuaikan dengan kondisi kelas. Faktor latar belakang, kegiatan pengembangan profesi, serta penilaian kinerja merupakan aspek yang mempengaruhi keyakinan pedagogik guru secara administratif tetapi tidak menentukan keputusan guru dalam praktik mengajar di kelas. Pembelajaran berbasis literasi sains menuntut aksi dan kepercayaan diri yang kuat dari seorang guru. Keraguan dan ketidakyakinan guru untuk menggerakkan siswa dalam kelas yang kompleks ke arah pembelajaran siswa aktif menjadi kendala dalam penerapan pembelajaran kimia berbasis literasi sains.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60220

Actions (login required)

View Item View Item