Pengaruh Pembelajaran Berorientasi Perubahan Konsep Dengan Menggunakan Strategi PDEODE Berbantuan Video Praktikum Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta didik Pada Materi Larutan Penyangga Peserta didik Kelas XI / Rezky Miftahul Jannah Salam - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Pembelajaran Berorientasi Perubahan Konsep Dengan Menggunakan Strategi PDEODE Berbantuan Video Praktikum Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta didik Pada Materi Larutan Penyangga Peserta didik Kelas XI / Rezky Miftahul Jannah Salam

Salam, Rezky Miftahul Jannah (2018) Pengaruh Pembelajaran Berorientasi Perubahan Konsep Dengan Menggunakan Strategi PDEODE Berbantuan Video Praktikum Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta didik Pada Materi Larutan Penyangga Peserta didik Kelas XI / Rezky Miftahul Jannah Salam. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Salam Rezky Miftahul Jannah. 2018. Pengaruh Pembelajaran Berorientasi Perubahan Konsep Dengan Menggunakan Strategi PDEODE Berbantuan Video Praktikum Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta didik Pada Materi Larutan Penyangga Peserta didik Kelas XI. Tesis. S2 Pendidikan Kimia. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Sri Rahayu M. Ed. Ph. D. (II) Dr. Aman Santoso M.Si. Kata Kunci Perubahan konsep PDEODE larutan penyangga. Kompleksnya cakupan konsep materi kimia dapat menimbulkan kecenderungan terjadinya kesalahan konsep pada peserta didik. Satu diantara materi kimia yang dipelajari peserta didik SMA adalah larutan penyangga. Mengingat sifat kesalahan konsep yang sulit untuk dihilangkan maka mencegah terjadinya kesalahan konsep menjadi penting. Satu diantara pendekatan yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya kesalahan konsep adalah pendekatan perubahan konsep dengan menggunakan strategi pembelajaran PDEODE (Costu 2008). Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menguji ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan PK-PDEODE-Vp dan peserta didik yang diajar dengan pendekatan konvensional pada materi larutan penyangga. (2) Menguji keefektifan pendekatan PK- PDEODE-Vp dalam meningkatkan retensi pemahaman konsep peserta didik pada materi laju reaksi. Penelitian ini adalah suatu penelitian quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest non-equivalen cotrol group design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA tahun ajaran 2015-2016 yang terdiri atas 2 kelas untuk dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan cluster random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui instrument tes pemahaman konsep larutan penyangga (TPKLP) yang berjumlah 33 soal (24 item soal two-tier dan 9 soal item soal pilihan ganda). TPKLP digunakan sebagai pretes postes dan delayed- test selang 2 minggu setelah perlakuan. Perhitungan koefisien reliabilitas instrumen tes sebesar 0 982. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji ANCOVA yang dibantu program SPSS 20 0 dengan taraf signifikansi 61537 0 05. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep antara peserta didik yang di ajarkan dengan PK-PDEODE-Vp dan peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan konvensional. PK-PDEODE- Vp juga efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi larutan penyangga.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60217

Actions (login required)

View Item View Item