Pengaruh penugasan peta pikiran dan rangkuman pada pembelajaran model POGIL terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa pada materi Hidrolisis Garam / Novike Bela Sumanik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penugasan peta pikiran dan rangkuman pada pembelajaran model POGIL terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa pada materi Hidrolisis Garam / Novike Bela Sumanik

Sumanik, Novike Bela (2018) Pengaruh penugasan peta pikiran dan rangkuman pada pembelajaran model POGIL terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa pada materi Hidrolisis Garam / Novike Bela Sumanik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Sumanik Novike Bela. 2018. Pengaruh Penugasan Peta Pikiran dan Rangkuman pada Pembelajaran Model POGIL terhadap Literasi Sains Dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Subandi. M.Si (2) Dr. Hayuni Retno.W. M.Si Kata Kunci peta pikiran rangkuman POGIL literasi sains hasil belajar kognitif hidrolisis garam Materi hidrolisis garam pada Ilmu kimia bagi sebagian besar siswa masih dianggap sulit untuk dipelajari. Kesulitan siswa tersebut dapat disebabkan oleh dua aspek aspek pertama adalah karakteristik konsep kimia itu sendiri dan yang kedua adalah tentang aspek model pembelajaran. Kesulitan siswa akan berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Mengatasi kesulitan tersebut salah satunya digunakan pendekatan pembelajaran inkuiri dalam mengambangkan literasi sains untuk itu diperlukan model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) yang merupakan salah satu model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis proses. Model pembelajaran POGIL lebih menekankan pada proses mencari dan menemukan akan tetapi kurang mengarahkan siswa pada dokumentasi materi. Oleh sebab itu perlu dibantu dengan penerapan peta pikiran dan rangkuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penugasan peta pikiran dan rangkuman pada pembelajaran model POGIL terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (Quasy Experimental Design) dengan model posttest only control group design. Rancangan penelitian eksperimen semu digunakan untuk mengetahui perbedaan literasi sains dan hasil belajar kognitif antara yang dibelajarkan dengan bantuan tugas peta pikiran dan rangkuman. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa XI IPA SMA Negeri 7 Malang yaitu kelas XI IPA 4 berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen 1 yang dibelajarkan menggunakan POGIL disertai peta pikiran dan XI IPA 5 berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen 2 yang dibelajarkan menggunakan POGIL disertai rangkuman. Instrumen penelitian berupa tes literasi sains dan tes hasil belajar siswa yang masing-masing berupa 15 soal pilihan ganda yang valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan kemampuan literasi sains pada materi hidrolisis garam antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran POGIL disertai peta pikiran dengan siswa yang dibelajarkan dengan POGIL disertai rangkuman. Rerata hasil tes literasi sains siswa dengan tugas peta pikiran lebih tinggi (x 76 52) dari pada siswa dengan tugas rangkuman (x 72 26) (2) ada perbedaan hasil belajar kognitif pada materi hidrolisis garam antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran POGIL disertai peta pikiran dengan siswa yang dibelelajarkan POGIL disertai rangkuman. Rerata hasil belajar kognitif siswa dengan tugas peta pikiran lebih tinggi (x 79 97) dari pada siswa dengan tugas rangkuman (x 75 59).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60214

Actions (login required)

View Item View Item