Pengaruh model pembelajaran Cognitive Apprenticeship dan inkuiri terbimbing berbantuan analogi terhadap model mental dan pemahaman konsep Siswa Kelas XI IPA pada materi Asam Basa / Fitriana Rizqi Amalia

Amalia, Fitriana Rizqi (2018) Pengaruh model pembelajaran Cognitive Apprenticeship dan inkuiri terbimbing berbantuan analogi terhadap model mental dan pemahaman konsep Siswa Kelas XI IPA pada materi Asam Basa / Fitriana Rizqi Amalia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Amalia, Fitriana Rizqi. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Cognitive Apprenticeship dan Inkuiri Terbimbing berbantuan Analogi terhadap Model Mental dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI IPA pada Materi Asam Basa. Tesis, Jurusan Pendidikan Kimia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Suhadi Ibnu, M.A., Ph.D., (2) Dr. Hayuni Retno Widarti, M.Si. Kata kunci: cognitive apprenticeship, inkuiri terbimbing, analogi, model mental, pemahaman konsep, asam basa Model mental merupakan interpretasi siswa terhadap suatu konsep tertentu. Model mental yang baik dapat dibentuk jika pemahaman pada tiga level representasi dipahami dengan baik oleh siswa. Model mental berkaitan erat dengan pemahaman konsep siswa, sehingga penting untuk diidentifikasi guna meminimalisir terjadinya miskonsepsi. Untuk meningkatkan model mental serta pemahaman konsep siswa dibutuhkan proses pembelajaran yang mendukung. Proses pembelajaran dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan. Pada penelitian ini digunakan dua model pembelajaran untuk dua kelas yang berbeda, yaitu model cognitive apprenticeship dan inkuiri terbimbing berbantuan analogi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan model mental dan pemahaman konsep antara siswa yang dibelajarkan dengan model cognitive apprenticeship dan inkuiri terbimbing berbantuan analogi, serta mengetahui hubungan antara model mental dan pemahaman konsep. Penelitian ini menggunakan desain penelitian campuran di mana data kuantitatif merupakan data utama sedangkan data kualitatif sebagai data pendukung. Instrumen yang digunakan untuk menguji pemahaman konsep adalah soal pilihan ganda sebanyak 15 butir soal, sedangkan untuk menguji model mental siswa digunakan empat buah soal uraian serta wawancara. Berdasarkan hasil tes uraian dan hasil wawancara model mental siswa dikategorikan menjadi tiga jenis yaitu model inisial, sintetik, dan saintifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan pemahaman konsep antara siswa yang dibelajarkan dengan cognitive apprenticeship dan inkuiri terbimbing berbantuan analogi. Analisis terhadap model mental siswa menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan cognitive apprenticeship dan inkuiri terbimbing berbantuan analogi. Pada kelas eksperimen 1 model mental saintifik merupakan model mental yang paling banyak dimiliki oleh siswa, sedangkan model mental sintetik merupakan model mental dengan persentase paling tinggi pada kelas eksperimen 2. Model mental dan pemahaman konsep memiliki korelasi yang positif dan tergolong sangat tinggi, artinya semakin baik model mental siswa maka pemahaman konsepnya semakin tinggi dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60212

Actions (login required)

View Item View Item