Kusumaningsih, Febri Tyas (2018) Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Jurnal Belajar terhadap Kemampuan Metakognitif dan Pemahaman Konsep pada Materi Larutan Elektrolit dan Reaksi Redoks / Febri Tyas Kusumaningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGAKASAN Kusumaningsih Febri T. 2018. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Jurnal Belajar terhadap Kemampuan Metakognitif dan Pemahaman Konsep pada Materi Larutan Elektrolit dan Reaksi Redoks. Tesis. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Prof. H. Suhadi Ibnu M.A. Ph.D (II)Dr. Sumari M.Si. Kata kunci kemampuan metakognitif jurnal belajar inkuiri terbimbing larutan elektrolit dan reaksi redoks Materi larutan elektrolit dan reaksi redoks melibatkan konsep konkret dan konsep abstrak sehingga sering menimbulkan kesulitan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru yaitu dengan melibatkan kemampuan metakognitif dalam mendesain pembelajaran. Kemampuan metakognitif merupakan kemampuan siswa untuk memahami dan memantau proses kognisinya. Kemampuan ini dapat dilatihkan melalui jurnal belajar. Jurnal belajar menjadi catatan yang berisi perkembangan proses belajar siswa. Pembelajaran inkuiri terbimbing memfasilitasi siswa dalam mengonstruksi pengetahuanya menjadi pengetahuan yang bermakna melalui kegiatan pembelajaran sehingga diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui perbedaan kemampuan metakognitif siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan jurnal belajar dan inkuiri terbimbing mengetahui perbedaan pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan jurnal belajar dan inkuiri terbimbing mengetahui korelasi antara kemampuan metakognitif dan pemahaman konsep siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan quasy experimental design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X di salah satu SMA Negeri di kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2017/2018 yang sedang menempuh materi larutan elektrolit dan reaksi redoks. Sampel penelitian ini adalah dua kelas yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan jurnal belajar sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing. Instrumen pengukuran berupa soal tes pemahaman konsep dan inventori kemampuan metakognitif. Soal tes pemahaman konsep berisi 25 butir soal pilihan ganda diperoleh validitas 90 6% dengan kriteria sangat tinggi dan reliabilitas sebesar 0 726 untuk soal larutan elektrolit. Pada soal reaksi redoks diperoleh validitas sebesar 99 4% dengan kriteria sangat tinggi dan reliabilitas sebesar 0 736. Inventori kemampuan metakognitif berisi 52 butir pernyataan yang dikembangkan oleh (Schraw Dennison 1994). Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan metakognitif siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan jurnal belajar dan inkuiri terbimbing. Siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan jurnal belajar memiliki kemampuan metakognitif lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing. Terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan jurnal belajar dan inkuiri terbimbing. Siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan jurnal belajar memiliki pemahaman konsep yang lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing. Terdapat korelasi antara kemampuan metakognitif dan pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60209 |
Actions (login required)
View Item |