Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing disertai peta konsep terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa di salah satu SMA di Malang pada topik laju reaksi dan kesetimbangan kimia / Suchory Sapto Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing disertai peta konsep terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa di salah satu SMA di Malang pada topik laju reaksi dan kesetimbangan kimia / Suchory Sapto Putri

Putri, Suchory Sapto (2018) Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing disertai peta konsep terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa di salah satu SMA di Malang pada topik laju reaksi dan kesetimbangan kimia / Suchory Sapto Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Putri Suchory Sapto. 2018. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Peta Konsep Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) dan Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa di Salah Satu SMA di Malang pada Topik Laju Reaksi dan Kesetimbangan Kimia. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D. (2) Dr. Siti Marfu ah M.S. Kata kunci Inkuiri terbimbing peta konsep keterampilan berpikir tingkat tinggi keterampilan proses sains Laju Reaksi Kesetimbangan Kimia Laju Reaksi dan Kesetimbangan Kimia merupakan contoh topik-topik dalam ilmu kimia yang mengandung cukup banyak konsep eksperimen dan perhitungan matematika sehingga menyebabkan sebagian besar siswa meng-anggap kedua topik tersebut sulit untuk dipelajari. Kedua topik tersebut semakin sulit dipelajari ketika pembelajaran yang berlangsung menjadi kurang bermakna. Salah satu strategi pembelajaran yang diharapkan dapat menciptakan pembela-jaran yang bermakna adalah pembelajaran inkuiri terbimbing disertai peta konsep. Pembelajaran inkuiri terbimbing disertai peta konsep diharapkan tidak hanya memudahkan siswa dalam mempelajari topik Laju Reaksi dan Kesetimbangan Kimia namun juga diharapkan dapat mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan keterampilan proses sains (KPS) yang baik agar hakikat ilmu kimia sebagai produk dan proses dapat diwujudkan secara optimal. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) perbedaan HOTS dan KPS siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing disertai peta konsep pada topik Laju Reaksi dan Kesetimbangan Kimia 2) perbedaan HOTS dan KPS siswa ditinjau dari perbedaan kemampuan awal dan 3) ada/tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal terhadap HOTS dan KPS siswa pada kedua topik tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu dengan postes saja dan rancangan faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di salah satu SMA di Malang tahun ajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling terdiri dari kelas XI MIA G3 sebagai kelas eksperimen (dibelajarkan dengan inkuiri terbimbing disertai peta konsep) dan kelas XI MIA E3 sebagai kelas kontrol (dibelajarkan dengan inkuiri terbimbing tanpa peta konsep). Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran (soal tes HOTS dan soal tes KPS) yang telah divalidasi oleh 3 validator. Reliabilitas butir soal HOTS topik Laju Reaksi dan Kesetimbangan Kimia masing-masing sebesar 0 746 dan 0 750 sedangkan reliabilitas butir soal KPS sebesar 0 789 untuk topik Laju Reaksi dan 0 750 untuk topik Kesetimbangan Kimia. Data hasil tes evaluasi dianalisis dengan uji nor-malitas uji homogenitas dan uji hipotesis dengan uji ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan signifikan HOTS siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing disertai peta konsep pada topik Laju Reaksi dan Kesetimbangan Kimia 2) ada perbedaan signifikan HOTS siswa vi ditinjau dari perbedaan kemampuan awal 3) terdapat interaksi antara startegi pembelajaran dan kemampuan awal terhadap HOTS siswa 4) tidak terdapat perbedaan signifikan KPS siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing disertai peta konsep pada topik Laju Reaksi dan Kesetimbangan Kimia 5) ada perbedaan signifikan KPS siswa ditinjau dari perbedaan kemampuan awal dan 6) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap KPS siswa dalam mempelajari topik Laju Reaksi dan Kesetimbangan Kimia akan tetapi tidak berpengaruh terhadap keterampilan proses sains mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60206

Actions (login required)

View Item View Item