Pengaruh pembelajaran praktikum berbasis inkuiri terbimbing dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa SMK pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan / Jakub Saddam Akbar

Akbar, Jakub Saddam (2018) Pengaruh pembelajaran praktikum berbasis inkuiri terbimbing dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa SMK pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan / Jakub Saddam Akbar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Akbar, Jakub Saddam. 2018. Pengaruh Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Wayan Dasna, M.si., M.Ed., Ph.D (2) Dra. Surjani Wonorahardjo, Ph.D. Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, verifikasi, hasil belajar, keterampilan proses sains, pengetahuan awal. Pembelajaran kimia harus memperhatikan karakteristik kimia sebagai produk dan kimia sebagai proses. Kimia sebagai produk menuntut penguasaan konsep dan kimia sebagai proses menuntut penguasaan keterampilan proses sains. Materi kelarutan dan hasil kali kelarutan merupakan materi yang memerlukan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains. Pembelajaran pada materi ini cenderung menggunakan praktikum verifikasi. Pembelajaran dengan praktikum ini dianggap tidak melibatkan siswa secara aktif dalam mengkonstruk konsep. Penggunaan strategi pembelajaran yang melibatkan siswa dalam mengkonstruk konsep akan membantu mereka mengembangkan kemampuan berpikir siswa dan memberikan hasil belajar dan keterampilan proses sains yang lebih baik. Praktikum inkuiri terbimbing merupakan strategi pembelajaran yang diharapkan dapat memenuhi kriteria tersebut. Hasil belajar pada materi ini selain dipengaruhi oleh strategi pembelajaran juga dapat dipengaruhi oleh pengetahuan awal siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan kegiatan praktikum (inkuiri terbimbing dan verifikasi); (2) perbedaan keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan kegiatan praktikum (inkuiri terbimbing dan verifikasi); (3) perbedaan hasil belajar siswa dengan tingkat pengetahuan awal berbeda; (4) Interaksi antara pengetahuan awal dengan pembelajaran praktikum (inkuiri terbimbing dan verifikasi) terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI program IPA salah satu SMAN di kota Kupang. Subjek penelitian adalah 72 siswa pada dua kelas homogen yang dipilih menggunakan teknik convenience sampling. Dua kelas tersebut adalah kelas IX IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan IX IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), tes keterampilan proses sains dan tes hasil belajar siswa. Data hasil belajar siswa diperoleh dari skor 18 soal pilihan ganda dengan validasi isi sebesar 94,4%, sedangkan data keterampilan proses sains diperoleh dari skor 19 soal pilihan ganda dengan validasi isi sebesar 95%. Pengukuran reliabilitas soal dilakukan dengan rumus Cronbach’s Alpha dengan nilai 0,719 untuk soal hasil belajar dan 0,779 untuk soal keterampilan proses sains. Prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan dua rata-rata. Analisis data menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang dibelajarkan menggunakan praktikum inkuiri terbimbing dan kelas verifikasi dengan nilai rata-rata posttest kelas ekperimen sebesar 79,2 dan kelas kontrol sebesar 72,1 (nilai Sig = 0,003; Sig

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60205

Actions (login required)

View Item View Item