Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan SETS (Science, Environtment, Technology, and Society) terhadap keterampilan proses sains dan scientific argument pada materi laju reaksi / Made Irma Rusmayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan SETS (Science, Environtment, Technology, and Society) terhadap keterampilan proses sains dan scientific argument pada materi laju reaksi / Made Irma Rusmayanti

Rusmayanti, Made Irma (2018) Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan SETS (Science, Environtment, Technology, and Society) terhadap keterampilan proses sains dan scientific argument pada materi laju reaksi / Made Irma Rusmayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Rusmayanti Made Irma. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan SETS (Science Environtment Technology And Society) terhadap Keterampilan Proses Sains dan Scientific Argument pada Materi Laju Reaksi. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D. (II) Dr. Hj. Hayuni Retno Widarti. M.Si. Kata kunci laju reaksi keterampilan proses sains scientific argument inkuiri terbimbing pendekatan SETS Laju reaksi adalah salah satu bagian dalam materi kimia yang sulit dipahami siswa. Rendahnya pemahaman konsep siswa dapat disebabkan oleh pemilihan strategi pembelajaran yang digunakan kurang tepat sehingga proses pembelajaran kurang optimal siswa kurang dapat mengembangkan keterampilan-keterampilan proses pembelajaran (keterampilan proses sains) dan kemampuan scientific argument. Salah satu strategi pembelajaran inovatif yang mampu membantu siswa mengembangkan keterampilan proses sains dan scientific argument adalah strategi inkuiri terbimbing dengan pendekatan SETS (Science Environment Technology and Society). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan keterampilan proses sains dan scientific argument antara siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan pendekatan SETS dengan siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing perbedaan keterampilan proses sains dan scientific argument siswa yang memiliki kemampuan awal berbeda dan interaksinya. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dengan posttest only dan faktorial 2x2. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA salah satu SMA Negeri di Malang tahun ajaran 2017/ 2018 yang terbagi dalam 2 kelas (27 dan 28 siswa) yang memiliki rerata kemampuan kognitif yang sama. Satu kelas dibelajarkan dengan inkuiri terbimbing menggunakan pendekatan SETS dan kelas satunya dibelajarkan dengan inkuiri terbimbing. Baik instrumen perlakuan (RPP dan LKS) maupun instrumen pengukuran (tes keterampilan proses sains dan tes scientific argument) telah divalidasi sebelum digunakan. Tes KPS memiliki nilai koefisien reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0 624 yang bermakna reliabel. Tes scientific argument berupa pertanyaan terbuka berjumlah 5 butir soal. Analisis data hasil penelitian dilakukan secara deskriptif dan statistik menggunakan SPSS 21 for Windows yaitu Analysis of Variance (ANOVA) Two Ways. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan proses sains laju reaksi dengan hasil rata-rata keterampilan proses sains siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan pendekatan SETS lebih tinggi dari siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing (2) terdapat perbedaan keterampilan proses sains laju reaksi antara siswa yang memiliki kemampuan awal berbeda rata-rata nilai keterampilan proses sains siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki kemampuan awal rendah (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan pendekatan SETS dengan kemampuan awal terhadap vi keterampilan proses sains (4) terdapat perbedaan scientific argument laju reaksi dengan hasil rata-rata keterampilan proses sains siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan pendekatan SETS lebih tinggi dari siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing (5) terdapat perbedaan scientific argument laju reaksi antara siswa yang memiliki kemampuan awal berbeda rata-rata nilai scientific argument siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki kemampuan awal rendah (6) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan pendekatan SETS dengan kemampuan awal terhadap scientific argument.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60203

Actions (login required)

View Item View Item